Euro EURUSD 2022-5

EUR/USD: Inflasi Turun Sejak 2021, Harapan Bagi Euro?

Forexsignal88.Com – Harga EUR/USD sedikit berubah dalam jangka pendek. Pasangan ini diperdagangkan di 1,0370 pada saat penulisan. Pasangan ini berkisar karena para pedagang menunggu data utama AS.

Inflasi tahunan Area Euro mencapai 10% untuk November, turun dari 10,6% pada Oktober untuk membukukan penurunan pertama sejak Juli 2021. Energi terus memiliki tingkat tahunan tertinggi tetapi turun dari 41,5% pada Oktober menjadi 34,9% pada November. Harga makanan, alkohol, dan tembakau naik ke tingkat tahunan sebesar 13,6% dibandingkan dengan 13,1% di bulan Oktober. Data inflasi inti yang tidak termasuk energi, makanan, alkohol, dan tembakau stabil dan sesuai dengan perkiraan dengan angka 5%.

Penurunan inflasi zona euro adalah yang pertama sejak Juni 2021, dan investor akan berharap hal ini menunjukkan bahwa inflasi akhirnya mencapai puncaknya. Pada hari Selasa, CPI Jerman menunjukkan tren yang sama, jatuh ke 10,0%, turun dari 10,4% (10,3% est). Namun, IHK Inti zona euro tetap tidak berubah di 5,0%, sesuai dengan perkiraan. Satu laporan inflasi tidak cukup untuk menunjukkan tren, dan dengan inflasi masih dalam dua digit, tidak ada yang menyatakan kemenangan dalam pertempuran melawan inflasi. Namun, penurunan inflasi Jerman dan zona euro meningkatkan kemungkinan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan 12 Desember, menyusul dua kenaikan berturut-turut sebesar 75 basis poin.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan Senin bahwa dia akan “terkejut” jika rekor kenaikan harga zona euro memuncak, sementara anggota Dewan Eksekutif Isabelle Schnabel baru-baru ini mengatakan mungkin terlalu dini untuk memperlambat kenaikan suku bunga. Inflasi umum yang dingin dapat mendorong pejabat untuk lebih fokus pada metrik yang mendasarinya dalam menentukan apakah titik kritis telah tercapai. Sementara itu, Wakil Presiden ECB Luis de Guindos mengatakan pada hari Selasa bahwa langkah dasar adalah “sinyal yang harus terus kita ikuti.”

Biaya gas alam akan menjadi kunci dalam menentukan arah inflasi di Jerman, yang sangat bergantung pada Rusia sebagai sumber daya sebelum perang di Ukraina. Pemerintah sekarang berebut untuk mencari sumber lain dan bersiap untuk mensubsidi tagihan tinggi bisnis dan rumah tangga.

Dengan arah pasar yang sangat terkait dengan pergerakan suku bunga AS, pidato dari Ketua Fed Jerome Powell bisa menjadi penggerak pasar. Powell diperkirakan akan membahas inflasi dan pasar tenaga kerja, dan pernyataannya dapat menggemakan sikap hawkish yang telah diberikan oleh anggota Fed ke pasar selama beberapa minggu terakhir.

Harga pasar untuk pertemuan bulan Desember adalah 65% untuk pergerakan 50-bp dan 35% untuk kenaikan 75-bp, yang berarti bahwa pasar tidak semuanya menggunakan suku bunga pelonggaran Fed. Bahkan jika Fed melambat menjadi 50 bp pada bulan Desember, itu masih akan menjadi tahun rekor pengetatan, pada 425 basis poin.

Selain itu, Penjualan Rumah Tertunda dapat melaporkan penurunan 5,8%, PMI Chicago diharapkan pada 47,0 poin, Inventaris Grosir Prelim dapat mencatat pertumbuhan 0,5%, sementara Neraca Perdagangan Barang dapat meningkat dari -92,2 miliar menjadi -90,7 miliar. Ketua Fed Powell mungkin memiliki dampak yang signifikan juga.

Analisa Teknikal EUR/USD