Euro EURUSD 2022-5

EUR/USD: Inflasi Mencapai Titik Tertinggi, Bagaimana Nasib EURO?

Forexsignal88.Com – Inflasi zona euro naik menjadi 9,1% YoY di bulan Agustus, naik dari 8,9% di bulan Juli dan di atas perkiraan 9%. Catatan inflasi baru yang mencapai rekor mendukung kasus kenaikan suku bunga berukuran jumbo dari ECB pada pertemuan September.

Inflasi 9,1% jauh di atas target 2% ECB dan didorong oleh melonjaknya harga energi dan pangan. Inflasi inti yang tidak termasuk item yang lebih volatil seperti makanan dan bahan bakar, naik 4,3% YoY, naik dari 4% di bulan Juli. Mungkin yang lebih mengkhawatirkan adalah kenaikan inflasi barang menjadi 5% dari 4,5%.

Ekspektasi inflasi Zona Euro meningkat lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang, mungkin mencapai dua digit, di tengah lonjakan baru harga gas alam. Melonjaknya harga energi bahkan sebelum dimulainya musim pemanasan dan pembalikan beberapa subsidi Jerman menunjukkan bahwa inflasi akan terus naik dan melebihi 10% sebelum mencapai puncaknya sekitar pergantian tahun.

Angka hari ini hanya akan mendukung seruan untuk kenaikan suku bunga jumbo ketika Bank Sentral Eropa bertemu minggu depan. Dengan harga pasar cukup kuat di sisi hawkish, saat ini 70bp dihargai untuk bulan September dan 160bp pada akhir tahun, pertemuan bank sentral minggu depan adalah kuncinya.

Dengan PPI Jerman di 37,2% dan harga energi melonjak bahkan sebelum cuaca yang lebih dingin tiba, harapan pendinginan inflasi tampaknya salah tempat.

Data mendukung kenaikan suku bunga besar dari ECB karena panggilan hawkish dari bank sentral tumbuh. Bahkan jika ECB menaikkan hanya 50 basis poin, kemungkinan kenaikan suku bunga lebih banyak sepanjang sisa tahun ini karena ECB berusaha menghentikan inflasi agar tidak mengakar.

Hawkishness dari ECB sudah diperhitungkan. Euro sedang berjuang untuk mendorong lebih tinggi di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang penghentian aliran gas Nord Stream selama tiga hari, mulai hari ini.

ECB akan menaikkan suku bunga ketika bertemu untuk pertemuan keputusan suku bunga pada 7 September. Satu-satunya pertanyaan yang tampaknya tetap adalah “Apakah akan naik 50bps atau 75bps?” Selama beberapa hari terakhir, anggota ECB telah mempersiapkan pasar untuk kemungkinan kenaikan 75bps, meskipun ada kemungkinan zona euro jatuh ke dalam resesi.

Pada periode yang sama, di Amerika Serikat, data Conference Board menunjukkan bahwa kepercayaan negara itu naik untuk pertama kalinya dalam tiga bulan. Itu naik dari 95,3 pada Juli menjadi 103,2 pada Agustus. Para ekonom mengharapkan data menunjukkan bahwa kepercayaan negara naik menjadi 97,9.

Saat ini semua mata dunia menuju kepada Nonf Farm Payroll yang akan muncul pada hari Jumat.

Analisa Teknikal EUR/USD