Uang Kertas Euro - EURUSD

EUR/USD: Euro Terus Dipengaruhi Ketidakpastian Pemilu Jerman

Forexsignal88.Com – EUR/USD kemarin malam kembali menyambangi level support yang masih belum mampu ditembus setelah beberapa kali percobaan pada bulan September ini. Namun ini nukanlah level yang baru oleh karena EUR/USD pernah terjembab bahkan lebih dalam pada bulan Agustus yang lalu. Salah satu penyebabnya adalah pemilu Jerman yang masih membuat resah.

Orang Jerman telah pergi ke tempat pemungutan suara, tetapi hasil pemilihan federal tetap tidak jelas, dan gambaran politik bisa tetap berlumpur hingga beberapa bulan. Demokrat Kristen (CDU) Angela Merkel dan oposisi utama Sosial Demokrat (SPD) hampir terikat, yang berarti bahwa pihak ketiga harus dimasukkan untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Pengambilan paling penting untuk pasar keuangan adalah bahwa Merkel, yang mengundurkan diri sebagai Kanselir setelah 16 tahun, akan tetap berkuasa sampai pemerintahan baru terbentuk. Pasar senang Merkel tetap bertahan, dan EUR/USD telah menunjukkan pergerakan sejak pemilihan.

Sejalan dengan jajak pendapat, SPD yang dipimpin oleh Olaf Scholz memenangkan jumlah suara terbesar dalam pemilihan Jerman. SPD memenangkan 25,7% suara, sementara CDU/CSU berada di urutan kedua dengan 24,1%, kinerja terburuk Konservatif dalam sejarah baru-baru ini.

Partai-partai yang lebih kecil, Partai Hijau dan FDP masing-masing memenangkan 14,8% dan 11,5% menjadikannya malam yang sukses bagi minoritas.

Merkel dapat membantu menjaga euro dan pasar keuangan tetap stabil, tetapi pada titik tertentu dia akan segera digantikan. Jika SDP membentuk pemerintahan berikutnya, Jerman akan mengambil langkah signifikan ke kiri, yang dapat berarti pajak yang lebih tinggi dan sikap yang kurang bersahabat terhadap bisnis besar.

Sektor bisnis dan investor mendoakan CDU konservatif dengan baik, berharap mereka dapat mengambil obor dari Merkel dan menjaga Jerman tetap kokoh di jalur fiskal dan ekonomi saat ini. Namun, jika CDU menemukan dirinya berada di luar ketika pemerintahan baru terbentuk, hasilnya bisa berupa hilangnya kepercayaan di Jerman dan juga euro.

Lalu Apa Berikutnya Bagi EURO?

Pada hari Rabu pukul 12:00 GMT, sentimen ekonomi Zona Euro untuk bulan September akan dirilis. Selama beberapa bulan terakhir, prospek ekonomi kawasan euro terus meningkat; namun, karena Bank Sentral Eropa (ECB) tidak mungkin menaikkan suku bunga segera, arah jangka pendek kemungkinan akan ditentukan oleh The Fed dan bukan oleh ECB. Mata uang tunggal berfluktuasi di sekitar level 1.1700, tetap di bawah tekanan.

Pada bulan Agustus, sentimen ekonomi menurun ke 117,5 dari tertinggi sepanjang masa di 119,0 pada bulan sebelumnya dan di bawah ekspektasi pasar 117,9. Kekhawatiran tentang jenis coronavirus Delta menyebabkan sentimen melemah untuk pertama kalinya sejak penurunan Januari. Moral sektor jasa telah turun dari level tertinggi 14 tahun, sementara sentimen manufaktur telah turun dari level tertinggi sepanjang masa. Sentimen konsumen juga turun 0,9 poin menjadi -5,3. Sementara itu, kepercayaan di antara pengecer dan pembangun telah meningkat.

Rilis PMI minggu lalu menunjukkan sentimen yang lebih lemah karena IHS Markit Eurozone Services PMI turun ke 56,3 pada September dari 59 sebelumnya, jauh dari ekspektasi pasar 58,5. IHS Markit IMP Manufaktur Zona Euro turun menjadi 58,7 dari 61,4, sedangkan indikator kepercayaan konsumen zona euro naik 1,3 poin menjadi -4 dalam perkiraan kilat – level tertinggi sejak Juni. Pandemi yang sedang berlangsung secara luas disalahkan atas pertumbuhan permintaan yang lemah, terutama dalam menghambat ekspor sektor jasa.

Analisa Teknikal EUR/USD