Euro EURUSD 2022-1

EUR/USD: Euro Mencapai Tertinggi 9 Bulan Di Tengah Sepinya Pasar

Forexsignal88.Com – Euro terpantau masih terus bersikeras untuk naik keatas, namun usahanya menemukan perlawanan keras dari resistance.

Nilai tukar EUR/USD memasuki perdagangan minggu baru di level tertinggi dalam sembilan bulan. Ada ruang untuk pemulihan yang diperpanjang di atas 1.0900 dan menuju resistensi 1.1000, karena latar belakang ekonomi global yang lebih moderat dan sikap kebijakan yang keras dari Bank Sentral Eropa (ECB) menguntungkan mata uang tunggal Eropa.

Namun, pasangan mata uang EUR/USD tersandung setelah mencapai resistensi 1.0926 pada awal perdagangan minggu ini dan kembali di tengah aksi jual profit taking. Itu bergerak menuju level dukungan .,0846, yang stabil di sekitarnya pada saat penulisan analisis.

Presiden ECB Christine Lagarde mengulangi sebagian besar pedoman kebijakan bank terbaru pada hari Senin, mengatakan bahwa bank sentral akan terus menaikkan suku bunga dengan cepat untuk menjinakkan inflasi yang masih terlalu tinggi.

The Fed dan Bank Sentral Eropa sama-sama memiliki pertemuan kebijakan moneter yang dijadwalkan minggu depan, sehingga pasangan mata uang utama berada dalam kisaran yang nyaman.

Aksi jual pasangan EUR/USD terjadi setelah laporan pers yang tampaknya keliru menyarankan bahwa beberapa anggota dewan pengatur ECB mungkin bersikap dingin dalam mengejar panduan suku bunga hawkish untuk bulan Desember. Arahan itu adalah bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut dijamin dan kemungkinan akan disampaikan dalam peningkatan setengah poin persentase selama pertemuan di masa depan, yang tetap menjadi posisi jika catatan terbaru dari Gubernur ECB Christine Lagarde dan lainnya adalah sesuatu yang harus dilalui.

Sementara harga energi baru-baru ini turun dan memberikan tekanan ke bawah pada inflasi baru-baru ini, Gubernur ECB Lagarde berargumen pekan lalu bahwa pertumbuhan harga tetap sangat tinggi dan risiko tetap naik sebagian karena pengangguran “di bawah dibandingkan dengan apa yang kita alami di 20 tahun terakhir”.

Menurut Ray Attrill, kepala strategi valuta asing di National Australia Bank, AS bukan lagi negara terbersih dalam cucian ekonomi global. Dia memperkirakan bahwa pada akhir Maret, indeks dolar akan mencapai 100, dan euro akan meningkat menjadi $1,10.

Pedagang pasar uang memperkirakan bahwa Fed hanya akan menaikkan suku bunga dua kali lipat, mencapai maksimum kira-kira 5% pada bulan Juni, dan kemudian menurunkan suku bunga dua kali lagi sebelum tahun berakhir. The Fed telah menegaskan bahwa pengetatan tambahan 75 basis poin kemungkinan akan terjadi.

Nilai tukar EUR/USD juga kemungkinan akan menguntungkan minggu ini jika rilis data PDB Q4 AS hari Kamis mendukung gagasan soft landing untuk ekonomi terbesar dunia dan jika tidak ada turbulensi dari harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti pada hari Jumat .

Yang terakhir ini adalah ukuran inflasi yang diawasi ketat oleh Fed dan akan menimbulkan risiko terbalik untuk imbal hasil obligasi AS dan dolar jika rilis Jumat melemparkan divergensi dengan angka IHK terbaru, yang menunjukkan inflasi AS sekarang di atas bukit dan menurun.

Analisa Teknikal EUR/USD