Euro - EURUSD

EUR/USD: Euro Membukukan Rapor Merah Di Akhir Bulan Juni, Waspada Akan Isu Isu Ini

Forexsignal88.Com – EUR/USD akhirnya membukukan performa yang negatif selalam bulan Juni 2022 ini setelah mencetak harga terendah pada level 1.0382 pada penutupan bulan kemarin hari. Namun demikian EUR/USD memantul kembali dari terendah baru tersebut setelah menunjukkan reaksi terbatas terhadap kenaikan tak terduga dalam laporan Pengangguran Jerman, dan nilai tukar terus mengikuti kemiringan negatif dalam rata-rata pergerakan dengan Federal Reserve di jalur untuk menerapkan lebih tinggi suku bunga sepanjang sisa tahun.

Data dari Jerman menunjukkan bahwa inflasi puncak mungkin telah berlalu, menurunkan hasil obligasi zona euro dan nilai tukar euro, tetapi ada pembalikan parsial setelah angka inflasi Spanyol lebih tinggi dari yang diharapkan. Ini merupakan indikasi awal bahwa mungkin lonjakan inflasi terburuk saat ini mungkin telah berlalu dan akan mengurangi tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk mengadopsi pendekatan kenaikan suku bunga yang agresif.

Namun, tampaknya ECB akan merubah strategi pada bulan Juli karena Presiden Christine Lagarde menyatakan bahwa “pada bulan Juli kami bermaksud menaikkan suku bunga kebijakan kami untuk pertama kalinya dalam 11 tahun,” dan tampaknya Dewan Pengatur akan mengambil langkah tambahan.

Secara keseluruhan, Bank Sentral Eropa siap untuk menaikkan suku bunga pada bulan Juli dan lagi pada bulan September karena bergulat dengan kenaikan inflasi, memicu perubahan kebijakan yang mendorong imbal hasil obligasi di zona euro dan memberikan dasar di bawah euro.

Besaran dan jumlah lonjakan yang diterima penting untuk nilai tukar EUR: pergerakan 50bp dilihat sebagai komitmen kuat untuk normalisasi dan kemungkinan akan mendukung EUR, semuanya dianggap sama.

Tetapi pembacaan inflasi yang lemah dapat mendorong kenaikan suku bunga 25 basis poin yang lebih hati-hati, yang akan mengecewakan ekspektasi pasar saat ini untuk reaksi yang lebih agresif. Ini mungkin juga menunjukkan bahwa ECB mungkin tidak akan melakukan reli selama beberapa bulan mendatang seperti yang diperkirakan pasar.

Dengan kondisi ECB yang sampai saat ini masih belum mengambil langkah pasti mengenai suku bunga maka sementara ini USD akan mengambil kendali penuh karena FED diperkirakan akan menaikkan Federal Funds Rate sebesar 75bps pada pertemuan kebijakan moneter berikutnya. Pasangan EUR/USD mengisyaratkan bahwa reboundnya berakhir setelah gagal membuat tertinggi baru yang lebih tinggi. Harga pulih sedikit dalam jangka pendek setelah aksi jual kemarin. Ini telah menguji level resistensi langsung, dan sekarang terlihat berat.

Analisa Teknikal EUR/USD