Amerika Serikat dan Eropa

EUR/USD: Euro Masih Masih Mencoba Untuk Naik, Apakah Akan Berhasil?

Forexsignal88.Com – Setelah kenaikan yang bombastis yang diikuti dengan penurunan yang dasyat juga, EUR/USD pada kemarin hari bergerak stabil namun tanpa arah yang jelas.

Saham melonjak dan dolar safe-haven turun, memungkinkan EUR/USD ke puncak. EUR/USD sempat naik dari harga open ke level tertingginya pada angka 1.1843 dan juga sempat turun ke level terendah pada 1.1779 biarpun saat penulisan lebih stabil. Namun, pasangan paling populer di dunia jatuh dengan cepat karena investor berbondong-bondong ke ekuitas dan membuang keamanan obligasi AS. Pada gilirannya, kenaikan imbal hasil Treasury Amerika membuat greenback lebih menarik, memicu perubahan haluan yang tajam.

Vaksin untuk COVID-19 tampaknya dapat dijangkau setelah Pfizer dan BioNTech mengumumkan bahwa uji coba Tahap 3 mereka menghasilkan efisiensi 90% dalam mencegah infeksi – dan reaksi pasar sangat liar. Presiden Fed Dallas Robert Kaplan memperingatkan bahwa “tren berada di arah yang salah” terkait tren virus corona. Dia masih mengharapkan perekonomian menjadi sekitar -2,5% lebih kecil pada akhir tahun, dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan diharapkan menjadi sekitar 3,5% tahun depan. Namun, meningkatnya penyebaran virus korona dapat menurunkan pertumbuhan tahun ini dan awal tahun depan.

Dari sisi data ekonomi, Dewan Penasihat Ekonomi Jerman dikatakan telah menaikkan PDB 2020 dari 6,5% menjadi -5,1%. Ekonom ZEW Jerman berkomentar bahwa para ahli keuangan prihatin tentang dampak ekonomi dari gelombang kedua virus korona dan apa yang mungkin ditimbulkannya. Juga mengungkapkan kekhawatirannya bahwa ekonomi Jerman bisa kembali tergelincir ke dalam resesi. Ekonomi terbesar di Eropa sedang menjalani lockdown kedua, namun dampak ekonominya ditetapkan menjadi lebih kecil daripada penutupan pertama di musim semi.

Secara keseluruhan, tampaknya setelah euforia dan pengar, optimisme tentang vaksin covid dapat mendorong pasar lebih tinggi dan dolar lebih rendah – selama hasil panen tidak berlebihan. Penting untuk dicatat bahwa Federal Reserve terus membeli obligasi dan kemungkinan akan membatasi pengembaliannya.

Analisa Teknikal EUR/USD Hari Ini