Euro

EUR/USD: Euro Kembali Naik, Namun Tetap Waspada Keadaan Ini

Forexsignal88.Com – EUR/USD akhirnya berhasil membukukan kenaikan beruntun dalam beberapa sesi terakhir. EUR/USD naik dari level terendahnya beberapa waktu lalu pada level 1.1529 ke level tertinggi pada hari ini 1.1667. Namun tetap ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian kita.

Menurut lembaga Eurostat, Indeks Harga Konsumen Zona Euro untuk September berada di 0,5% (bulan ke bulan), tetap sesuai dengan ekspektasi dan di atas 0,4% bulan sebelumnya. Secara tahunan, IHK juga sesuai dengan ekspektasi di 3,4%, dan tidak berubah dari angka bulan sebelumnya.

Tidak termasuk harga makanan dan energi, CPI berdiri di 1,9% secara tahunan, sesuai dengan ekspektasi dan tidak berubah dari angka Agustus. Secara bulanan, Core CPI berada di 0,5% pada bulan September, sesuai dengan ekspektasi dan tidak berubah dari Agustus.

Tidak termasuk harga makanan dan energi, IHK berada di 2,9%, di bawah ekspektasi 3% dan bulan sebelumnya 3,1%. Indeks Harga Eceran berdiri di 0,4% pada bulan September, di atas ekspektasi 0,2% tetapi di bawah 0,6% bulan sebelumnya.

Sementara itu Neraca Berjalan Zona Euro yang lebih buruk dari yang diharapkan pada 13,4 miliar di bawah perkiraan 24,3 miliar.

Mengingat angka-angka ini, dan dengan mempertimbangkan bahwa moderasi tiba-tiba dalam tingkat harga ini dianggap sementara oleh para analis, kemungkinan besar ECB akan mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga tunai.

Khususnya, indeks PMI manufaktur diperkirakan akan terus melambat selama empat bulan berturut-turut, turun dari 58,6 ke level terendah tujuh bulan di 57,0, sementara jasa yang setara juga diperkirakan akan mengalami kemunduran penting lainnya ke 55,5 dari 56,4 sebelumnya. Akibatnya, indeks komposit PMI bisa mundur ke 55,2 dari 56,2 pada September.

Tidak diragukan lagi, setiap pembacaan di atas 50, dan yang lebih penting di atas level buruk 2019 – 2020, adalah tanda ekspansi yang sehat, meskipun penurunan terus-menerus dalam statistik PMI mungkin membuat investor menganggap pertumbuhan dua digit tahunan yang mengesankan dalam tiga kuartal terakhir telah matang sebelum pandemi benar-benar berhenti.

Mungkin ini waktunya bagi anggota Zona Euro untuk menunjukkan lebih banyak kesatuan fiskal telah tiba sekali lagi, tetapi mengingat perdebatan panjang sebelumnya dalam mengamankan solusi segera, seseorang dapat mengatakan ini mungkin menjadi proyek jangka panjang. Masalahnya, semakin lama tekanan inflasi bertahan di sektor energi dan utilitas, maka dampaknya akan semakin terasa di industri lain dan akhirnya di sektor pengolahan makanan.

Analisa Teknikal EUR/USD