Euro

EUR/USD: Bullish Terus Mencoba Namun Tanpa Hasil

Forexsignal88.Com – Euro menunjukkan sedikit pergerakan, karena diperdagangkan sedikit dibawah level 1.1300. Percobaan naik pada kemarin hari hanya membuahkan level tertinggi pada 1.1331 dan belum mampu bergerak lebih tinggi lagi.

Pasangan mata uang meninggalkan resistensi 1.1386 yang tercatat pada awal perdagangan pada minggu pertama tahun 2022. Seperti yang disebutkan, kenaikan rebound untuk euro-dolar akan tetap terbatas dan dapat dikenakan aksi jual selama kekhawatiran dan pembatasan global dapat diatasi. variabel baru Corona tetap ada.

Risalah pertemuan terakhir Federal Reserve AS menegaskan kembali bahwa waktu menaikkan suku bunga AS telah menjadi lebih dekat dari yang diperkirakan sebelumnya. Sehingga fakta ini menjadi tekanan tersendiri bagi pasangan EUR/USD.

Risalah FOMC menunjukkan bahwa anggota komite melihat risiko inflasi ke atas, dan setuju bahwa tapering harus dipercepat karena tekanan inflasi dan pemulihan yang kuat. Anggota FOMC tidak memberikan tanggal pengangkatan untuk kenaikan suku bunga, tetapi risalah menyatakan bahwa mereka terbuka untuk menaikkan suku “lebih cepat atau lebih cepat” dari yang diantisipasi sebelumnya. Pasar telah memperkirakan kenaikan bulan Maret sekitar 60%, dengan tiga kenaikan suku bunga diharapkan pada tahun 2022.

Dari data ekonomi Euro sendiri, Pesanan Pabrik Jerman pulih pada bulan November, dengan kenaikan kuat sebesar 3,7% m/m. Ini mengikuti penurunan tajam -5,8% m/m di bulan Oktober. Meskipun pesanan pabrik naik, sektor manufaktur terus bergulat dengan hambatan pasokan yang menghambat pertumbuhan. Awal pekan ini, PMI Manufaktur Jerman untuk Desember berada di 57,4, tidak berubah dari November dan pada level terendah sejak Januari 2021. PMI menunjukkan ekspansi tetapi secara signifikan lebih rendah dari pembacaan pertengahan 60-an yang kita lihat di Q2 dan Q3.

Citi memperkirakan nilai tukar EUR/USD turun karena dolar naik pada kenaikan suku bunga pertama oleh Federal Reserve dan zona euro berjuang dengan krisis harga energi musim dingin. Dalam catatan untuk klien yang diterbitkan pada awal tahun, Citi mengatakan melihat penurunan pasangan EUR/USD “di awal tahun”, sejalan dengan ekspektasi pasar kenaikan suku bunga Fed hanya dalam dua bulan dari sekarang.

Saat ini EUR/USD menantikan data NFP yang akan diumumkan pada Jumat malam nanti WIB. Laporan ketenagakerjaan ADP mengejutkan naik, dengan pembacaan Desember 807 ribu pekerjaan baru, dua kali lipat konsensus 400 ribu. Keuntungan besar menyebabkan Goldman Sachs merevisi naik perkiraannya sebesar 50 ribu menjadi 500 ribu dan beberapa analis memproyeksikan angka 1 juta di utara.

Namun, harus diingat bahwa laporan ADP tidak sepenuhnya dapat diandalkan sebagai indikator untuk nonfarm payrolls. Konsensus untuk NFP berdiri di 424 ribu, dan jika angka tersebut berada di bawah ekspektasi, kita bisa melihat dolar AS goyah, karena NFP yang lemah dapat mendorong penundaan kenaikan suku bunga Fed.

Analisa Teknikal EUR/USD