Euro

EUR/USD: Bagaimana Pergerakan EURO Sepekan Kedepan Dengan Agenda Ekonomi Yang Sibuk?

Forexsignal88.Com – Perdagangan minggu lalu umumnya bullish untuk pasangan mata uang EUR/USD, karena Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, pada persentase yang lebih tinggi dari yang diperkirakan pasar. Dengan demikian, dolar euro bergerak menuju resistensi 1.0278, dan pada akhir perdagangan minggu yang sama, dolar euro jatuh menuju level dukungan 1.0130 dan menetap di sekitar level 1.0235 di awal perdagangan minggu yang penting ini. Karena pasar berada di jalur dengan kenaikan baru suku bunga AS dan pengumuman angka pertumbuhan ekonomi dan inflasi AS di Zona Euro.

EUR/USD telah pulih secara mengesankan menjadi datar pada sesi ini setelah turun lebih dari 100 pip pada hari sebelumnya ketika terpukul di belakang data PMI yang sangat lemah. Tetapi perubahan haluan sekarang telah selesai, dan lebih banyak keuntungan bisa didapat saat kita menuju minggu depan yang sibuk.

Bank Sentral Eropa (ECB) mengutip penurunan nilai tukar EUR/USD pada bulan Juli sebagai pengaruh besar pada pemikirannya tentang inflasi dan sebagai pendorong keputusannya untuk menentukan waktu era suku bunga negatif dengan peningkatan yang lebih besar dari yang diharapkan dalam tolok ukur utamanya untuk biaya pinjaman. Penurunan Juli dari atas 1.04 terhadap dolar tampaknya menjadi salah satu faktor yang mendorong Bank Sentral Eropa untuk mendukung peningkatan yang lebih besar dari perkiraan yang menaikkan suku bunga deposito bank komersial ke nol Kamis lalu.

Gubernur ECB Christine Lagarde mengatakan pada konferensi pers pada bulan Juli, “Alasan kami memutuskan, sepenuhnya dengan suara bulat, untuk menjauh dari sinyal yang kami buat di Amsterdam, ada dua. Pertama, kami memiliki pemahaman yang jelas tentang risiko kenaikan inflasi. Saya bisa memberi Anda daftar. Selain itu, yang terutama terkait dengan inflasi, kurs EUR/USD telah turun secara signifikan dalam beberapa minggu terakhir, yang jelas berdampak pada inflasi di masa depan. Jadi berdasarkan kelompok kritis itu – dia kemudian menambahkan bahwa kebijakan dan elemen terkait posisi yang kami ambil.”

Secara data ekonomi menunjukkan penurunan aktivitas bisnis di Zona Euro untuk bulan Juli. Konsumen di Zona Euro mengurangi pengeluaran karena kenaikan harga. Pengurangan pengeluaran ini berdampak pada sektor manufaktur dan jasa. Indeks Manajer Pembelian Komposit (PMI) flash S&P Global berada di bawah 50 di 49,4 dari sebelumnya 52,0 pada bulan Juni. Data ini merupakan indikator yang baik dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan.

ECB menaikkan suku bunga dengan kejutan 50bps yang menunjukkan bank sentral sekarang lebih khawatir tentang kenaikan inflasi dengan mengorbankan pertumbuhan.

CB sering mengatakan di masa lalu bahwa mereka tidak menargetkan nilai tukar dengan kebijakan moneternya, meskipun ini tidak sama dengan mengatakan tidak memperhatikannya dan tidak sama dengan mengatakan tidak akan menargetkannya. Kadang-kadang hal itu diperhitungkan dalam mengejar target inflasi.

Namun, jika ada alasan untuk skeptis, Presiden Lagarde telah menjelaskan dengan jelas saat menempatkan EUR/USD dalam sorotan dalam pengertian yang terakhir ini. Lagarde menambahkan: “Kami memperkirakan inflasi akan tetap tinggi yang tidak diinginkan untuk beberapa waktu, karena tekanan berkelanjutan dari harga energi dan makanan dan tekanan pipa dalam rantai harga. Tekanan inflasi yang lebih tinggi juga berasal dari depresiasi nilai tukar euro.

Data yang baru saja dirilis menunjukkan penurunan ekspektasi bisnis Jerman dari sebelumnya 85,5% menjadi 80,3%. Indeks Iklim Bisnis Ifo Jerman juga turun dari 92,2 menjadi 88,6. Rilis ini lebih lanjut menunjukkan prospek ekonomi yang suram untuk negara-negara zona euro.

Di AS, klaim pengangguran awal dan berkelanjutan keluar melawan ekspektasi di 240 ribu dan 1,34 juta, masing-masing, dengan pembacaan 251 ribu dan 1,384 juta. Survei Manufaktur Fed Philadelphia untuk Juli juga berada di bawah 0 dengan -12,3. Pada akhir minggu, IMP Komposit Global S&P untuk Juli turun 51,7 menjadi 47,5. Di sisi lain, IMP manufaktur mengalahkan ekspektasi sebesar 52 dengan pembacaan 52,3, sedangkan IMP jasa datang kurang dari yang diharapkan sebesar 52,6 dengan pembacaan 47.

Pekan Ini kita menunggu pertemuan Federal Reserve pada hari Rabu di mana mereka diperkirakan akan menambah suku bunga 75 bps. Dolar AS menginjak air menjelang pertemuan meskipun imbal hasil Treasury bergerak lebih rendah di sepanjang kurva.

Analisa Teknikal EUR/USD