Emas Mendaki Lebih Tinggi Untuk Ke-3 Kalinya

Forexsignal88.Com – Emas kembali melakukan kenaikan untuk ke-3 kalinya selama pekan ini. Bulan Desember mengawali XAU/USD untuk naik seiring dengan Dolar AS yang semakin lemah menjelang akhir tahun. Dolar AS tergelincir lebih jauh pada hari Kamis, merosot ke posisi terendah baru dalam 31 bulan terhadap sekeranjang mata uang, karena investor membuang mata uang cadangan dunia dalam menghadapi meningkatnya optimisme tentang prospek ekonomi global. Menyusul terobosan vaksin, pemerintah di seluruh dunia telah mulai mempersiapkan imunisasi massal terhadap populasi mereka terhadap COVID-19, dengan Inggris akan memulai vaksinasi paling cepat minggu depan setelah menjadi negara Barat pertama yang menyetujui vaksin.

Dolar AS memperpanjang lintasan bearish baru-baru ini dan jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua tahun pada Kamis di tengah harapan untuk tambahan stimulus fiskal AS. Anggota parlemen AS, sejauh ini, telah gagal mencapai kesepakatan tetapi ada tanda-tanda awal bahwa proposal bipartisan senilai $ 908 miliar dapat memperoleh daya tarik. Masih belum ada yang dapat mengetahui secara pasti apakah Federal Reserve akan menyuntikkan lebih banyak stimulus moneter ketika bertemu dalam waktu kurang dari dua minggu sehingga dolar bisa mengantre untuk koreksi tajam jika tidak ada yang terwujud.

Risiko jangka pendek bagi Dolar AS untuk saat ini adalah terus melakukan pelemahan ditengah semua ketidakpastian ini. Emas pun saat ini sudah terlihat kembali normal ketika Dolar AS turun maka emas pun akan naik. Korelasi terlihat sudah kembali seperti biasanya.

Dari sisi data ekonomi ketenagakerjaan. Klaim pengangguran awal AS turun -75 ribu menjadi 712 ribu dalam pekan yang berakhir 28 November, di bawah ekspektasi 770 ribu. Rata-rata pergerakan empat minggu dari klaim awal turun -11,25 ribu menjadi 739,5 ribu. Klaim lanjutan turun -569 ribu menjadi 5520 ribu dalam pekan yang berakhir 21 November. Rata-rata pergerakan empat minggu dari klaim berlanjut turun -426 ribu menjadi 6194 ribu.

Secara teknikal XAU/USD masih di dalam nuansa bearish namun timbul secercah harapan bahwa bullish sedang berusaha kembali menguasai perdagangan. Saat ini XAU/USD sedang berusaha naik dan akan menemukan resistance pada kisaran harga $1840 sampai dengan $1855. Pada sisi sebaliknya, jika kenaikan gagal berlanjut maka XAU/USD akan turun kepada support level di $1800. Perlu diperhatikan jika penurunan kembali dibawah $1800 maka akan semakin banyak seller yang memasuki perdagangan emas dan membawa harga emas semakin rendah.

Sumber: Marketwatch.Com, Cnbc.Com, Kitco, MT5