Ekonomi Australia Masuk Jurang Resesi, Pertama Kali Dalam 30 Tahun Terakhir

ForexSignal88.com l Jakarta, 04/06/2020 – Ekonomi Australia mengalami kontraksi pada kuartal pertama tahun ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Ini menunjukkan bahwa Negeri kanguru ini tengah bersiap-siap mengakhiri masa ekonomi tanpa resesi yang sudah bertahan hampir 29 tahun.

Berdasarkan data The Reserve Bank of Australia (RBA) yang dikutip Bloomberg, Rabu (3/6), PDB Australia turun 0,3% dari periode kuartal IV 2019. Ini merupakan penurunan pertama dalam satu kuartal sejak tahun 2011.

Kontraksi ekonomi Australia ini terjadi akibat anjloknya konsumsi rumah tangga. Para ekonom sebelumnya telah memprediksi ekonomi Australia akan turun 0,4%. Sementara dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, PDB negara ini masih tumbuh 1,4% atau masih sesuai dengan perkiraan.

Hasil tersebut juga mengakhiri kondisi ekonomi Australia yang bebas resesi setelah berhasil terhindar dari dampak krisis keuangan AASia pada tahun 1998 dan krisis tahun 2008 akibat buble sektor properti di Amerika Serikat (AS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *