ECB Low Rate Secara Terus Menerus Berpotensi MENEKAN Kegiatan Perbankan

ForexSignal88.com l Jakarta, 20/09/2019 – Sejumlah bank besar di Eropa menghadapi risiko bank gagal, bila bunga acuan di kawasan ini terus negatif. Seperti diketahui, European Central Bank (ECB), atau bank sentral Eropa, memangkas bunga acuan 10 basis poin (bps) menjadi -0,5%. 

“Saya pikir ada sebuah pertanyaan besar soal profitabilitas sektor perbankan,” kata Kepala Ekonom dari Economist Intelligence Unit, Simon Baptist. Saat ini, tingkat suku bunga acuan di Eropa yang sebesar -0,5% merupakan yang terendah sepanjang sejarah. 
Perbankan di Eropa menderita bertahun-tahun karena lingkungan suku bunga rendah. Bunga di kawasan negara pengguna mata uang euro (Eurozone) menyentuh 0% sejak 2012, dan berada di tingkat negatif pada 2014. 
Kondisi ini menyerang laba perbankan. “Bila suku bunga tetap di bawah 0%, maka perbankan tidak akan memperoleh untung seperti sekarang dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Simon. “Bank ini bisa saja melakukan konsolidasi, dan beberapa akan menjadi bank gagal atau mereka harus mengubah model bisnis secara radikal,” imbuhnya. 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *