Drama Kisruh Hong Kong Sampai Bawa AS dan China ke Meja PBB

ForexSignal88.com l Jakarta, 29/05/2020 – Amerika Serikat (AS) dan China bentrok di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) saat membahas isu Hong Kong pada Rabu (27/5). Bentrokan terjadi setelah China menolak permintaan AS untuk menggelar rapat Dewan Keamanan PBB guna membahas rancangan undang-undang (RUU) keamanan nasional bagi Hong Kong.

Misi AS untuk PBB dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Kamis (28/5) menyebut bahwa isu itu merupakan keprihatinan global yang mendesak yang berimplikasi pada perdamaian dan keamanan internasional.

Oleh karena itu, menurutnya, perlu segera ada perhatian dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB. Sementara Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, dalam tanggapannya lewat Twitter menegaskan China menolak permintaan tak berdasar itu karena RUU keamanan nasional Hong Kong merupakan urusan internal mereka dan tidak ada hubungannya dengan mandat Dewan Keamanan PBB.

Permintaan AS untuk menggelar rapat Dewan Keamanan PBB itu bertepatan dengan meningkatnya ketegangan AS dan China terkait pandemi Covid-19. AS mempertanyakan transparansi China soal virus yang pertama muncul di Wuhan dan kini mendunia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *