Dollar AS Dalam Tekanan Ketika Euro Menguat Didukung Proposal Dana Pemulihan UE

Forexsignal88.Com – Dolar AS turun terhadap euro pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), ketika mata uang bersama itu menambah keuntungan Senin (18/5) didorong proposal Francis-Jerman untuk dana yang akan menawarkan hibah ke wilayah Uni Eropa dan sektor-sektor yang paling terpukul oleh pandemi virus corona. 

Hasil menggembirakan dari uji coba vaksin untuk COVID-19 mengurangi permintaan untuk mata uang safe haven dan greenback naik ke dekat level tertinggi satu bulan terhadap yen Jepang. Jerman dan Prancis, yang perjanjiannya biasanya membuka jalan untuk kesepakatan UE yang lebih luas, mengusulkan agar Komisi Eropa meminjam 500 miliar euro (550 miliar dolar AS) atas nama seluruh UE. 

Komisi diharapkan untuk menguraikan proposal mereka sebelum pertemuan puncak Eropa yang dijadwalkan 27 Mei. Euro menguat 0,08 persen terhadap greenback pada 1,09235 dolar, menambah kenaikan selama dua hari menjadi sekitar satu persen. 

“Usulan Francis-Jerman merupakan langkah maju yang material menuju pemanfaatan kapasitas fiskal bersama untuk memberikan stimulus fiskal berkelanjutan guna mendukung pemulihan ekonomi,” kata Lee Hardman, analis mata uang di MUFG. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *