Dewan BOJ Berdebat Perihal Peningkatan Stimulus Guna Mengejar Target Inflasi

ForexSignal88.com l Jakarta, 20/11/2019 – Pembuat kebijakan di Bank of Japan (BOJ) berdebat apakah kebijakan pelonggaran tambahan diperlukan untuk mencapai target inflasi yang dipatok bank sentral. Dalam ringkasan pertemuan akhir Oktober kemarin, beberapa anggota dewan BOJ bersikeras bahwa komunikasi dengan pasar sangat dibutuhkan.

Dengan begitu bank sentral akan mempertahankan kebijakan moneter yang longgar mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mempercepat target inflasi pada 2%. Salah satu anggota BOJ mengatakan bahwa langkah pelonggaran tambahan akan diperlukan jika momentum menuju target inflasi terputus-putus.

Sementara pada pertemuan Oktober lalu, BOJ mempertahankan kebijakan moneter yang stabil namun mengungkapkan kesiapan mereka untuk memangkas suku bunga jika diperlukan. Dalam suatu pernyataan kebijakan pada bulan lalu, BOJ juga mengatakan pihaknya memperkirakan suku bunga jangka pendek dan panjang akan tetap pada level saat ini atau lebih rendah, mengingat adanya upaya untuk memenuhi target yang cukup sulit.

Namun anggota dewan BOJ, Goushi Kataoka, tidak setuju dengan perubahan panduan ke depan. Menurutnya momentum tersebut telah hilang. Pada ringkasan pertemuan Oktober, beberapa anggota dewan memperingatkan bahwa ketidakpastian jangka panjang akan tetap tinggi bahkan ketika risiko jangka pendek mulai merendah karena kemajuan negosiasi perdagangan AS-China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *