Data Penjualan Eceran Uni Eropa Melesat Naik

Forexsignal88.com – Konsumen di zona euro kembali mengunjungi toko-toko di bulan Mei ketika penguncian dikurangi di blok tersebut, perkiraan dari badan statistik UE menunjukkan pada hari Senin (06/07), menandakan pemulihan penjualan yang tajam setelah rekor penurunan pada bulan Maret dan April.

Penjualan di 19 negara yang berbagi zona euro naik 17,8% di bulan Mei dari April, kata Eurostat, dalam kenaikan paling tajam sejak catatan zona euro untuk penjualan ritel dimulai pada 1999. Kenaikan ini lebih tinggi dari ekspektasi pasar kenaikan 15% pada bulan tersebut.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penjualan masih turun 5,1% di bulan Mei, menunjukkan pemulihan masih jauh dari selesai. Tetapi penurunan tahun ke tahun itu kurang curam dari perkiraan penurunan 7,5% oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Kenaikan bulan ke bulan di bulan Mei sebagian mengimbangi rekor penurunan yang diposting dalam dua bulan sebelumnya, dengan volume perdagangan ritel turun dengan rekor 12,1% pada bulan April dan sebesar 10,6% pada bulan Maret, data revisi Eurostat menunjukkan pada hari Senin.