Data Inflasi AS Dirilis Anjlok Mengekor Sektor Ketenagakerjaan yang Melempem

ForexSignal88.com l Jakarta, 14/04/2020 – Rilis laporan Consumer Price Index (CPI) AS MoM pada Jumat (10/April) malam menunjukkan penurunan ke -0,4 persen di bulan Maret, setelah stagnan di level 0,1 persen dalam dua bulan pertama di tahun 2020. CPI bulan Maret tersebut lebih rendah daripada ekspektasi penurunan ke -0,3 persen, dan sekaligus menjadi yang terendah sejak bulan Januari 2015.  

Departemen Ketenagakerjaan AS mencatat bahwa penyebab utama merosotnya inflasi adalah jatuhnya harga minyak sebanyak 10,5 persen. Harga tiket pesawat, penginapan, dan pakaian juga menurun akibat sepinya pembeli dalam rangka Physical Distancing untuk menghindari virus Corona.

Sebaliknya, harga makanan, layanan kesehatan, dan otomotif justru melonjak. Sementara itu, Core Inflation yang tidak memperhitungkan harga makanan dan energi yang volatile, pun tak lebih baik. Penurunan core CPI mencapai -0,1 persen di bulan Maret, lebih buruk daripada ekspektasi penurunan ke 0,1 persen, dari level 0,2 persen di bulan Februari.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *