China : Banyak Analis Memperkirakan China Mengalami Kontraksi PERTUMBUHAN EKONOMI TERLAMBAT 28 Tahun

ForexSignal88.com l Jakarta, 21/01/2019 – Sejumlah analis memprediksi, China akan melaporkan pertumbuhan ekonomi paling lambat dalam 28 tahun terakhir di tengah pelemahan permintaan domestik dan kenaikan tarif ekspor ke Amerika Serikat (AS).

Kondisi ini akan menambah tekanan terhadap Beijing untuk meluncurkan lebih banyak lagi stimulus untuk mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi yang lebih tajam.

Tanda-tanda pelemahan terhadap pertumbuhan ekonomi China yang menopang hampir seperti tiga pertumbuhan ekonomi global dalam satu dekade terakhir -memicu kekhawatiran akan berdapak pada pertumbuhan ekonomi dunia dan turut membebani laba perusahaan mulai dari Apple hingga produsen mobil besar.

Reuters memberitakan kalau pemerintah China telah berjanji lebih banyak memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi untuk mengurangi risiko semakin banyak warganya yang akan kehilangan pekerjaan. Namun mereka mengesampingkan “banjir” stimulus seperti yang telah dilakukan Beijing di masa lalu, yang dengan cepat mendorong pertumbuhan tapi meninggalkan hutang segunung.

Sejumlah analis yang disurvei Reuters  memperkirakan ekonomi negara terbesar kedua di dunia ini telah tumbuh 6,4% pada Oktober-Desember dari tahun sebelumnya, melambat dari laju pertumbuhan 6,5% pada kuartal sebelummnya.

Kondisi ini bisa menarik pertumbuhan domestik bruto (PDB) 2018 menjadi 6,6%, terendah sejak 1990 dan turun dari revisi 6,8% pada 2017.

Sebagian besar analis memperkirakan kondisi ekonomi China kemungkinan akan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *