Carut Marut! Hongkong Rentan Ditinggalkan Oleh Para Investor Global

ForexSignal88.com l Jakarta, 05/06/2020 – Beberapa perusahaan global sedang mempertimbangkan untuk mengalihkan beberapa operasi keuangan mereka keluar dari Hong Kong. Para bankir senior di sana mengatakan, ini seiring langkah Amerika Serikat (AS) yang berencana mengakhiri hak-hak istimewa kota itu.

Padahal selama ini Hong Kong menjadi pusat keuangan penting bagi banyak perusahaan global.  Presiden AS Donald Trump telah memulai proses penghapusan perlakuan khusus AS untuk Hong Kong untuk menghukum keputusan Beijing karena memberlakukan undang-undang (UU) keamanan nasional baru di sana.

Menurut China, UU ini tidak akan melukai hak dan kebebasan warga Hong Kong. Sejumlah perusahaan global sedang mengamati perpindahan beberapa operasi treasury perusahaan mereka ke negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, kata empat bankir senior dengan pengetahuan tentang masalah tersebut.

“Operasi keuangan perusahaan mengikuti arus perdagangan dan sekarang ada banyak pertanyaan seputar status Hong Kong sebagai pusat perdagangan,” kata seorang bankir yang berbasis di Hong Kong seperti dikutip Reuters, Rabu (3/6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *