Canada: Pertumbuhan Barang dan Jasa Memang Menguat, Namun ‘TIPIS’

Forexsignal88.Com – Dalam basis bulanan, ekonomi Kanada hanya tumbuh 0.1 persen di bulan September, sama persis seperti dua bulan berturut-turut sebelumnya. Enam dari sembilan sub sektor ekonomi di Kanada meningkat, dengan kenaikan tertinggi dicetak oleh Wholesale Machinery, yang mencapai 3.1 persen; disusul dengan sektor konstruksi dengan kenaikan 0.6 persen. 

Dalam basis tahunan, pertumbuhan GDP Kanada mencapai 1.3 persen di kuartal ketiga, berkat kenaikan dalam investasi bsinis dan belanja rumah tangga. Meskipun angka tersebut di bawah Forecast GDP Bank of Canada (BoC), tetapi setidaknya masih sedikit lebih tinggi daripada ekspektasi para ekonom di 1.2 persen. 
  
“Secara keseluruhan, data-data tersebut masih sangat mendekati ekspektasi,” kata ekonom BMO Capital Markets, Doug Porter. “Data itu juga berada di sisi terlemah dari yang pernah kita perkirakan, tetapi tentu belum cukup untuk membuat pergerakan (perubahan) besar dalam Outlook kebijakan.” tambah Porter. 
BoC merupakan satu-satunya bank sentral utama yang mampu mempertahankan suku bunganya dari pemangkasan. Bulan Oktober lalu, suku bunga Kanada masih berada di posisi 1.75 persen. Kendati demikian, para pejabat bank sentral tersebut mulai mengisyaratkan kewaspadaan akan pengaruh buruk tensi perdagangan global.
 
Sumber: Marketwatch.Com, Reuters.Com, Cnbc.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *