bnp britain out

Brexit: Apa yang Terjadi dan Apa Pengaruhnya Pada Pasar?

Forexsignal88.Com – Pada bulan Agustus silam, Perdana Menteri Inggris Raya Boris Johnson mengajukan permohonan kepada Ratu untuk membekukan Parlemen selama satu bulan, sebuah langkah yang dianggap tidak pernah terjadi sebelumnya dan tidak konstitusional. Tujuan Boris adalah memastikan Parlemen tidak akan mengintervensi rencananya untuk melanjutkan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) pada 31 Oktober, baik jika kesepakatan tercapai maupun tidak.

bnp britain out

Parlemen memberi kejutan

Parlemen ternyata menanggapi dengan mengesahkan undang-undang pada menit terakhir yang melarang Brexit tanpa kesepakatan. Menurut undang-undang ini, Boris diwajibkan meminta perpanjangan Brexit. Pada hari Senin, 9 September, pengajuan pemilu awal oleh Boris ditolak. Pemerintahannya dipaksa untuk mengungkapkan komunikasi tertutup mengenai segala hal seputar penangguhan Parlemen. Setelah satu pekan yang dramatis dan penuh intrik, voting, dan pengunduran diri, Parlemen Inggris akhirnya dibekukan pada Senin, 9 September. Gejolak politik dewasa ini memberi kita lebih banyak pertanyaan dibanding jawaban.

Apa yang akan terjadi berikutnya?

Di satu sisi, Boris jelas kehabisan opsi dan mungkin terpaksa meminta perpanjangan lagi pada Uni Eropa. Di sini lain, Boris telah berjanji untuk melaksanakan Brexit tahun ini, apa pun yang terjadi. Bisakah ia mengejutkan pasar dan mencari cara untuk memaksa Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober?

Perpanjangan lagi?

Untuk saat ini, Inggris masih terjadwal akan keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober. Voting mayoritas Parlemen untuk menjegal Brexit tanpa kesepakatan tidak berarti itu tidak bisa terjadi. Pertama, Uni Eropa akan perlu menyetujui perpanjangan lagi untuk Inggris; dan sudah ada lontaran isu dari Eropa bahwa Inggris tidak memberi alasan yang kuat untuk mengajukan perpanjangan lagi. Jika Uni Eropa memutuskan untuk memberi perpanjangan lagi, GBP dan aset Inggris lainnya akan menguat karena ini memberi Inggris waktu tambahan untuk menegosiasikan kesepakatan yang menguntungkan.

Brexit tanpa kesepakatan?

Walaupun voting Parlemen melarang Brexit tanpa kesepakatan, Johnson telah berulang kali mengatakan akan tetap mencoba mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa pada 31 Oktober. Jika demikian, GBP akan merosot bersama berbagai aset berisiko lainnya di Inggris, dan juga FTSE.

Negosiasi lagi?

Johnson bersikeras bahwa ia ingin mencapai kesepakatan dan akan menggunakan waktu pembekuan Parlemen untuk melanjutkan negosiasi tahap akhir dengan Brussels guna mengatasi batu ganjalan besar yaitu klausul “backstop” Irlandia yang mengatur perbatasan Irlandia Utara dan Republik Irlandia. Kecil kemungkinan mereka akan dapat menemukan solusi dalam waktu singkat, dan bahkan kesepakatan Brexit yang tercapai dengan cepat akan tetap menyebabkan ketidakpastian pasar, sehingga aset Uni Eropa dan Inggris akan bearish.

Pemilu awal lagi?

Parlemen sedang dibekukan hingga 14 Oktober dan ada undang-undang Brexit tanpa kesepakatan, sehingga pemantau Brexit mungkin akan melihat pemilu awal terjadi di bulan November, apabila tanggal keluar diundur lagi. Kemungkinan lainnya, partai-partai oposisi bahkan mungkin bersatu untuk mencoba mengadakan referendum kedua.

Trading Dengan Broker Pemenang Penghargaan 2019 – Pelajari Disini, Klik Sekarang Juga.

Sumber: Blog BDSwiss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *