Bos RBA Dorong Pemerintah Australia Tarik Utang Guna Pulihkan Perekonomian

Forexsignal88.com – Petinggi bank sentral Australia mendesak pemerintah untuk tarik utang lebih banyak dan mendorong pengeluaran publik untuk mendukung pemulihan ekonomi negara itu, karena itu dinilai menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan demi kepentingan nasional.

Mengutip Reuters, Selasa (21/7), Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe mengatakan fondasi ekonomi Australia kuat dengan neraca sektor publik yang solid.

Da mengatakan langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal juga membantu menyediakan jembatan penting bagi pemulihan karena Australia menghadapi guncangan ekonomi terburuk sejak 1930-an dengan tingkat pengangguran pada level tertinggi selama 22 tahun.

Dalam pidatonya yang berjudul “Covid-19, Pasar Tenaga Kerja dan Neraca Sektor Publik”, Lowe mengatakan transfer tunai langsung ke rumah tangga dan bisnis serta meningkatkan pengeluaran publik untuk infrastruktur dan skema subsidi upah adalah contoh bagaimana pemerintah dapat “memperlancar berbagai hal di luar”.