Berusaha Untuk Buat ‘ADEM’, Trump: AS Baik-baik Saja Dengan China

ForexSignal88.com l Jakarta, 11/12/2019 – Presiden Donald Trump, Senin (9/12) waktu setempat, mengatakan, Amerika Serikat (AS) baik-baik saja dengan China dalam menyelesaikan kesepakatan perdagangan. Pernyataan ini keluar di tengah waktu yang terus berjalan menuju tarif baru impor Tiongkok.

Tarif AS untuk beberapa produk konsumen termasuk ponsel dan mainan dari China akan berlaku mulai 15 Desember nanti. Tapi, masih ada harapan kedua negara bisa mencapai kesepakatan perdagangan yang menunda atau membatalkan tarif baru tersebut.

Sebelumnya, melansir Reuters, Asisten Menteri Perdagangan China Ren Hongbin menyatakan, Beijing berharap bisa membuat kesepakatan perdagangan dengan Washington yang memuaskan kedua belah pihak sesegera mungkin.

“Tentang pertanyaan pembicaraan dan negosiasi perdagangan China-AS, kami berharap kedua belah pihak bisa, atas dasar kesetaraan dan saling menghormati, mendorong negosiasi maju, dan dengan mempertimbangkan kepentingan utama masing-masing, mencapai kesepakatan yang memuaskan semua pihak sesegera mungkin,” kata Ren.

China dan AS sedang merundingkan apa yang mereka sebut sebagai kesepakatan fase satu yang bertujuan untuk mengurangi sengketa perdagangan yang berkepanjangan. Tetapi, tidak jelas apakah kesepakatan seperti itu bisa terwujud dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *