Berbeda Dengan China, Hubungan AS Dengan Jepang Justru Kian ‘MESRA’

ForexSignal88.com l Jakarta, 27/09/2019 – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menandatangani kesepakatan perdagangan terbatas. Kesepakatan ini akan memangkas tarif pada barang pertanian AS, peralatan mesin Jepang, dan produk-produk lainnya.

Trump mengatakan kesepakatan itu akan membuka pasar Jepang terhadap produk-produk Amerika senilai US$ 7 miliar setiap tahun. Itu juga akan mengurangi tarif Jepang untuk daging sapi, gandum, dan keju AS.

“Tarif Jepang sekarang akan secara signifikan lebih rendah atau dihilangkan seluruhnya untuk daging sapi, babi, gandum, keju, jagung, anggur, dan banyak lagi di AS,” katanya dikutip Reuters. Trump juga mengatakan bahwa fase pertama kesepakatan itu akan mencakup perdagangan digital senilai US$ 40 miliar antara AS sebagai ekonomi terbesar dunia dan Jepang sebagai ekonomi ketiga terbesar.

Namun, setelah prosesi penandatanganan antara kedua pemimpin di sela-sela Majelis Umum PBB, Perwakilan Dagang AS (USTR) Robert Lighthizer mengatakan bahwa sektor otomotif yakni mobil tidak tercakup dalam kesepakatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *