Baperan! Uni Eropa dan China Kembali Jadi ‘SASARAN’ Pidato Trump

Forexsignal88.Com – Presiden Donald Trump memperbarui serangan perdagangannya terhadap China, menyebut negara itu “curang” meskipun ia menyalahkan situasi pada para pemimpin AS sebelumnya. Trump berbicara hari Selasa (12/11/2019) di Economic Club of New York. 
“Sejak masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001, tidak ada yang memanipulasi lebih baik atau memanfaatkan Amerika Serikat lebih banyak,” kata Trump. “Aku tidak akan mengatakan kata ‘curang’, tapi tidak ada yang curang lebih baik dari China, aku akan mengatakan itu.” 
Pernyataan itu mematahkan periode perdamaian relatif antara kedua belah pihak. Padahal kedua pihak telah berupaya untuk menuntaskan fase pertama perjanjian yang akan meringankan beberapa tarif. Detail dari kesepakatan potensial masih belum jelas, dengan AS mendorong pasar yang lebih terbuka dan penghapusan pencurian kekayaan intelektual. 
Sementara China ingin Washington menurunkan sekitar US$250 miliar dalam tarif yang diberlakukan sejak kebuntuan dimulai. Alih-alih menyalahkan Tiongkok, Trump mengatakan bahwa para pemimpin sebelumnya yang menegosiasikan kesepakatan perdagangan memungkinkan manipulasi perjanjian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *