Bank Of England: 3 Hal Yang Harus Kamu Tahu Menjelang Suku Bunga BOE

Forexsignal88.Com – Para pelaku pasar menunggu keputusan hari Kamis pada pukul 19.00 WIB malam dimana Bank of England akan mengadakan rapat dan memutuskan apakah akan ada perubahan pada suku bunga.

Secara umum akan ada 3 hal yang patut kamu perhatikan pada saat rapat nanti:

  1. Perkembangan mengenai Suku Bunga Negatif
  2. Penyesuaian Quantitave Easing
  3. Proyeksi Ekonomi Inggris

Sejak pertemuan terakhir, Inggris memasuki lockdown nasional karena varian baru yang ditemukan di negara tersebut 50-70% lebih dapat ditularkan. Lockdown bisa tetap berlaku selama sisa kuartal, jika tidak lebih lama. Sisi positifnya, kemajuan vaksinasi tetap berada di jalur yang benar. Para analis memperkirakan BOE akan merevisi perkiraan PDB yang lebih rendah untuk 1Q21 untuk mencerminkan dampak ekonomi dari lockdown ini.

Upaya pemerintah untuk mempercepat langkah jadwal vaksinasi COVID-19 membantu memulihkan kepercayaan terhadap prospek pemulihan ekonomi. Baik euro dan dolar AS telah berjuang melawan pound sebagai akibat dari peningkatan sentimen.

Meskipun kebijakan virus korona Inggris layak mendapat banyak kritik, imunisasi cepatnya semakin kuat dan bahkan semakin cepat. Pemerintah telah melampaui target 500.000 jabs / hari.

Sebagian besar Eropa dihadapkan pada kebangkitan kembali infeksi dan tingkat kematian, dan kelambanan yang signifikan dalam peluncuran vaksin. Juga memberikan dorongan kepada sterling adalah ekspektasi pasar bahwa Bank of England akan kurang dovish, setidaknya relatif terhadap Bank Sentral Eropa.

Ahli strategi mata uang mencatat bahwa masih ada beberapa risiko, terutama ancaman tarif jika pemerintah Inggris gagal untuk mematuhi aturan ketenagakerjaan UE, dan referendum untuk kemerdekaan Skotlandia.

Mengenai perihal Quantitave Easing (QE) ada beberapa penyesuaian kecil yang dapat terjadi untuk QE. Pada bulan November, bank sentral meningkatkan ukuran QE, sebesar GBP150B, menjadi 870B. Pembelian mingguan ditetapkan pada 4,4 miliar pound per minggu pada awalnya. Kami memperkirakan BOE akan memperpanjang laju pembelian ini hingga Mei.