Australia: Rilis GDP Hari Ini ‘DAPAT MEMPENGARUHI’ Keputusan Para Petinggi RBA

Pengumuman suku bunga RBA kemarin siang tersebut tepat sehari sebelum rilis data GDP Australia kuartal III yang dijadwalkan dirilis pada ini, Rabu (04/Desember). Konsensus pasar menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Australia akan meningkat 0.5 persen dalam basis kuartalan, tidak berubah dari performa kuartal II.

Sementara itu, GDP Australia secara tahunan diprediksi melaju sebesar 1.7 persen pada kuartal ketiga 2019, bangkit dari level terendah satu dekade yang tercapai pada rilis sebelumnya. Apabila data GDP Australia hari ini bisa melampaui konsensus, maka hal ini akan menjadi catatan tersendiri bagi petinggi RBA untuk kembali mempertimbangkan prospek “perubahan haluan” dalam kebijakan moneter.

Sayangnya, para ekonom merasa skeptis jika ekonomi Australia akan membaik dalam waktu dekat, mengingat pasar perumahan yang masih lemah akibat membengkaknya utang rumah tangga dan perang dagang AS-China.

“Pertumbuhan ekonomi tahunan mungkin saja akan berakselerasi, tapi (itu) tetap saja tidak cukup untuk menghentikan tingkat pengangguran yang bergerak semakin meninggi,” kata kepala ekonomi ANZ, David Plank.

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *