Aussie Dollar Melaju ke Harga Tertinggi 1 Bulan, Kok Bisa?

ForexSignal88.com l Jakarta, 23/10/2019 – Apresiasi yang terjadi pada mata uang Aussie dollar tak berhubungan dengan rilis data ekonomi apapun, sehingga disinyalir berhubungan dengan peningkatan minat risiko pasar global. Ke depan, minat pasar terhadap Aussie masih rentan dipengaruhi oleh isu-isu seperti kabar brexit terkini, perkembangan negosiasi dagang AS-China, dan prospek perubahan suku bunga Australia.  

Pekan lalu, Aussie melonjak pesat setelah rilis data ketenagakerjaan Australia yang menampilkan penurunan tingkat pengangguran ke level 5.2 persen. Meskipun masih cukup jauh dari kisaran pengangguran 4.5-5.0 persen yang dipatok oleh bank sentral Australia (RBA), tetapi data tersebut sukses melegakan sebagian kecemasan pelaku pasar.

Ekspektasi pemangkasan suku bunga RBA pada bulan November mulai berkurang, meskipun belum sepenuhnya sirna. “Menurut pandangan kami, penurunan tipis pengangguran pada bulan September bisa jadi memberikan sedikit ruang bernapas bagi RBA dan daftar positif yang dirujuk Gubernur Lowe akan membantu menghindari resesi, tetapi kami ragu pertumbuhan (ekonomi Australia) akan cukup kuat untuk mencapai full-employment dan menaikkan inflasi kembali ke target dalam waktu dekat,” ujar Dr. Shane Oliver dari AMP Capital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *