AUD/USD: Trend Bullish Berlanjut Berusaha Mengalahkan Resistance Bandel

Forexsignal88.Com – AUD/USD sudah naik sejak awal November dan berada jauh dari level sebelumnya. Pada awal November AUD/USD diperdagangkan pada level 0.6990 dan selama beberapa pekan terakhir bullish terbang ke level pada kemarin hari pada angka 0.7339. Ini terjadi sejak rapat RBA pada tgl 3 November dimana dewan siap untuk beraksi jika diperlukan setelah memberika stimulus tambahan.

Pada pertemuan dua pekan lalu, RBA memangkas suku bunga menjadi 0,1%, dari sebelumnya 0,25%. Demikian pula, target imbal hasil obligasi pemerintah berjangka waktu 3 tahun dan tingkat bunga penarikan baru di bawah Term Funding Facility juga diturunkan menjadi 0,1%. Sementara itu, bank sentral juga memangkas suku bunga pada saldo Exchange Settlement (setara dengan suku bunga Australia untuk kelebihan cadangan di Australia) menjadi 0.

Isi Pidato Gubernur RBA Phillip Lowe

Pidato Lowe yang berkisar pada tenatang pandemi mengutarakan pandangannya yang optimis tentang pemuliha di Australia. Selain itu nada optimis juga menyangkut tentang prospek kebijakan moneter. Lowe mengutarakan bahwa tantangan yang dihadapi Australia lebih cenerung kepada penciptaan lapangan pekerjaan dan bukan pengendalian inflasi.

Lowe juga mengeaskan bahwa penerapa suku bunga negatif adalah tidak mungkin terjadi karena dampaknya yang terlalu merugikan. Namun tentunya akan ada tekanan jika ada pengaruh dari bank sentral global akan penerapa suku bunga negatif.

Pada pembelian aset, RBA mengumumkan untuk membeli obligasi pemerintah senilai AUD100 miliar yang jatuh tempo sekitar 5 hingga 10 tahun. selama 6 bulan ke depan, dan kemudian tinjau kebutuhan untuk lebih banyak pembelian “dengan mempertimbangkan prospek pekerjaan dan inflasi yang berkembang”.

RBA akan membeli obligasi nominal yang diterbitkan oleh Pemerintah Australia dan oleh negara bagian dan teritori, dengan pembagian 80/20 yang diharapkan. Pembelian akan dilakukan melalui pasar sekunder, tetapi tidak langsung dari pemerintah. Selain itu, RBA “tetap siap untuk membeli obligasi dalam jumlah berapa pun yang diperlukan untuk mencapai target imbal hasil 3 tahun.”

Analisa Teknikal AUD/USD Hari Ini