AUD Aussie

AUD/USD: Menantikan Langkah RBA Selanjutnya

Analisa Teknikal AUD/USD

Wall Street telah mencerna kemarahan Fed berbicara dan jelas dalam mode menunggu dan melihat baik bagaimana inflasi panas akan berjalan dan seberapa cepat pemulihan pasar tenaga kerja. Pemulihan ekonomi AS hampir mencapai puncaknya, tetapi dengan rencana pengeluaran infrastruktur bipartisan, itu mungkin berjalan sedikit lebih panas. Investor akan memantau dengan cermat apakah RUU itu akan mendapatkan dukungan anggota parlemen yang cukup.

Rilis ekonomi utama minggu ini adalah laporan nonfarm payroll Juni. Laporan pekerjaan AS kemungkinan besar akan menunjukkan kemajuan lebih lanjut dalam pemulihan pasar tenaga kerja dengan perkiraan median 695.000. Ekonomi memiliki kekurangan sekitar sepuluh juta pekerjaan untuk diisi sebelum Fed dapat menganggap kemajuan substansial telah dicapai.

Jika beberapa anggota Fed yang hawkish ingin mempertahankan ekspektasi mereka tentang kenaikan suku bunga yang terlambat pada akhir tahun 2022, pasar tenaga kerja ini sebaiknya mulai melihat akselerasi kuat yang lebih tinggi. Rilis terpenting kedua adalah laporan manufaktur ISM Juni yang seharusnya menunjukkan aktivitas pabrik tetap kuat. Memperdalam kesengsaraan pasokan dapat menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut akan tekanan harga yang terus-menerus.

Secara teknikal kita bisa lihat bahwa AUD/USD tidak menghasilkan banyak pergerakan pada pekan lalu. Saat ini kecenderungan naik atau turun masih lebih memiliki potensi untuk turun mengikuti pola 2 pekan lalu. Jika memang penurunan yang akan terjadi maka AUD/USD akan bergerak menuju level support pada harga 0.7460, 0.7395 dan 0.7335.

Sebaliknya jika AUD/USD ternyata mendapat dukungan untuk naik maka level resistance yang akan dituju selanjutnya ada pada level 0.7670, 0.7725 dan 0.7770.

Sumber: Marketwatch, Cnbc, Reuters, MT5