AUDUSD - Bendera Australia dan Amerika

AUD/USD: Investor Puas Dengan RBA, Aussie Mendapat Tenaga Untuk Naik

Forexsignal88.Com – Dolar Australia melanjutkan kenaikannya dan telah membukukan kenaikan yang cukup besar pada kemarin hari. AUD/USD saat ini diperdagangkan di 0.7404, naik 0,51% sejak kemarin hari.

Analis telah secara luas memperkirakan bahwa RBA akan mempertahankan suku bunga acuan dan pembelian obligasi, dan ini terbukti benar. Namun, bank sentral berhasil mengejutkan pasar dengan mengumumkan bahwa mereka akan tetap pada rencananya untuk mengurangi pembelian obligasi pada bulan September. Ada harapan luas bahwa karena kebangkitan kasus Covid, RBA mungkin akan menunda rencana pengurangannya, yang diumumkan pada bulan Juli. Pada akhirnya, Bank lebih hawkish dari yang diharapkan, yang memberi dolar Australia dorongan.

Pada pertemuan Agustus, Dewan Reserve Bank memutuskan untuk mempertahankan pengaturan kebijakan yang telah diadopsi pada bulan Juli.

Secara khusus, Dewan memutuskan untuk bertahan dengan keputusannya untuk mengurangi pembelian obligasi pada awal September dari 5 miliar menjadi 4 miliar per minggu hingga setidaknya pertengahan November. Keputusan tentang kecepatan pembelian mulai pertengahan November akan dibuat pada rapat Dewan November, ketika Dewan akan menerima serangkaian prakiraan ekonomi yang direvisi untuk Pernyataan Kebijakan Moneter November.

Ukuran taper cukup sederhana, dengan pengurangan pembelian obligasi dari AUD 5 miliar per minggu menjadi 4 miliar. Namun, yang lebih penting adalah pesan ke pasar bahwa RBA adalah pengetatan kebijakan, dan pengetatan lebih lanjut dapat diharapkan, asalkan ekonomi terus pulih.

Gubernur RBA Philip Lowe terdengar positif tentang prospek ekonomi, meskipun ada peningkatan baru-baru ini dalam Covid. Lowe menekankan ketahanan ekonomi, dengan menyatakan bahwa “pengalaman hingga saat ini adalah bahwa begitu wabah virus dapat diatasi, ekonomi bangkit kembali dengan cepat”.

Bahkan dengan pengumuman taper yang mengejutkan, kebijakan moneter RBA tetap dovish. Program taper akan ditinjau pada bulan November, dan Lowe menegaskan bahwa kondisi ekonomi tidak akan matang untuk kenaikan suku bunga sebelum tahun 2024.

RBA juga akan menjadi sorotan akhir pekan ini. Gubernur RBA Lowe bersaksi di depan anggota parlemen pada hari Kamis dan RBA merilis perkiraan ekonomi triwulanan pada hari Jumat.

Selain itu data ekonomi yang data dari Cina juga ikut mendukung AUD/USD. Data PMI China melampaui ekspektasi pada hari Rabu, membawa penarik yang sangat dibutuhkan untuk ekonomi China. IMP Jasa Caixin untuk bulan Juli berada di 54,9, dibandingkan pembacaan sebelumnya di 50,3. IMP Komposit Caixin datang di 53,1, naik dari pembacaan 50,6 untuk bulan Juni. Angka di atas 50 untuk data PMI dianggap sebagai bullish, dan dapat membantu meredakan kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi China.

Analisa Teknikal AUD/USD