AUD Aussie

AUD/USD: Aussie Memulai Koreksi Dan Bertahan Pada Level 0.7200

Forexsignal88.Com – Dolar Australia tetap di bawah tekanan terhadap mata uang Dolar AS karena para pedagang memperhitungkan meningkatnya ketegangan geopolitik dan mengurangi kekuatan USD.

Pada hari Jumat, pasangan AUD/USD mencapai tertinggi baru 2 bulan di 0.7313 tetapi memperlambat kenaikan mingguannya menjadi menetap di 0.7216. Kinerja buruk Wall Street, terutama pada hari Jumat, merusak permintaan untuk pasangan ini meskipun dolar melemah.

Sementara Federal Reserve telah mengambil sikap yang lebih hawkish untuk mengatasi dampak inflasi, RBA tetap relatif dovish, menghambat kemampuan Aussie untuk naik lebih tinggi. Federal Reserve AS tampaknya tidak dapat merespons secara memadai dan segera, sehingga Dewan Mata Uang telah berkonsentrasi sepenuhnya pada dolar AS. Dolar AS jatuh setelah negara itu mengumumkan indeks harga konsumen mencapai tertinggi empat tahun 7% y/y pada bulan Desember. Dibandingkan dengan sebelumnya 4,9%, nilai yang mendasarinya lebih tinggi di 5,5%.

Inflasi di Australia turun menjadi 2,8% YoY di Desember dari 3,1% YoY, sementara penjualan ritel naik menjadi 7,3% YoY di November, mengalahkan ekspektasi 3,9%. Pada bulan November, sektor perumahan menunjukkan pertumbuhan lebih lanjut, dengan kredit rumah naik 7,6% dan izin bangunan naik 3,6%. Sementara itu, surplus perdagangan turun menjadi $9,4 miliar.

Meskipun faktor fundamental terus mendorong sentimen risiko, katalis tambahan untuk aksi harga termasuk harga komoditas dan ekonomi China yang kemungkinan akan terus memengaruhi harga AUD/USD di masa mendatang.

Minggu ini akan sibuk di Asia karena China akan merilis angka penjualan ritel dan produksi industri untuk Desember pada hari Senin, bersama dengan data produk domestik bruto kuartal keempat. Selain itu, Australia dijadwalkan untuk merilis angka kepercayaan konsumen untuk Januari, ekspektasi inflasi konsumen untuk Januari, dan angka ketenagakerjaan untuk Desember akhir pekan ini. Minggu ini, akan ada beberapa rilis makroekonomi karena AS merilis data pengangguran mingguan seperti biasa dan beberapa data terkait perumahan.

Analisa Teknikal AUD/USD