AUDUSD - Bendera Australia dan Amerika

AUD/USD: AUSSIE Anjlok Cukup Dalam Akibat Data Pekerjaan

Forexsignal88.Com – Dampak dari penguncian baru-baru ini di pasar tenaga kerja Australia terungkap pada hari Kamis. Data, oleh Biro Statistik Australia, menunjukkan bahwa negara itu kehilangan lebih dari 146 ribu pekerjaan pada Agustus setelah menambahkan 2,2 ribu pada bulan sebelumnya. Kehilangan pekerjaan ini secara signifikan lebih tinggi dari perkiraan rata-rata 90k.

Tingkat partisipasi negara juga menurun dari 66,0% menjadi 65,2%, lebih rendah dari perkiraan median 65,7%. Sisi positifnya, tingkat pengangguran turun dari 4,6% menjadi 4,5%. Angka-angka ini menunjukkan bahwa dampak dari penguncian baru-baru ini di New South Wales dan Victoria, negara bagian yang menyumbang lebih dari 50% dari PDB negara itu.

Seperti yang disoroti oleh Kepala Ekonom kami Bill Evans minggu ini, kekuatan baru-baru ini yang ditunjukkan oleh sentimen konsumen bertumpu pada vaksinasi cepat populasi Australia yang secara material mengurangi risiko kesehatan terkait virus dan akan segera memungkinkan negara untuk dibuka kembali. Pemerintah Victoria mengumumkan akan membuka kembali sekarang setelah memvaksinasi sekitar 70% populasi.

Sementara itu, Reserve Bank of Australia (RBA) tampaknya berada di jalur yang telah ditentukan karena bank sentral berencana untuk melaksanakan program pembelian obligasi pemerintah dengan kecepatan A$4 miliar seminggu “sampai setidaknya pertengahan Februari 2022,” dan Gubernur Philip Lowe and Co. mungkin tetap membuka pintu untuk lebih mendukung ekonomi karena pertumbuhan pekerjaan berkontraksi untuk kedua kalinya tahun ini.

Perlu ditekankan bahwa RBA tidak hanya percaya bahwa kelonggaran yang ada di pasar tenaga kerja kita harus dihilangkan jika tujuan upah dan inflasi mereka ingin dicapai, tetapi juga bahwa inersia merugikan yang ada dalam upah pertumbuhan pra-pandemi harus mereda. Angin sakal tambahan ini berasal dari beberapa kekuatan termasuk “kontrak kerja multi-tahun; [the] pola pikir pengendalian biaya yang kuat dari bisnis Australia; dan ekspektasi inflasi yang rendah dan stabil”. Ini adalah tantangan yang mengakar di seluruh dunia, menjadikannya tantangan yang signifikan untuk diatasi.

Pada gilirannya, jalur yang berbeda untuk kebijakan moneter dapat membuat AUD/USD di bawah tekanan karena pejabat Fed memproyeksikan dua kenaikan suku bunga untuk tahun 2023, tetapi penurunan lebih lanjut dalam nilai tukar dapat memicu perubahan sentimen ritel baru-baru ini seperti perilaku yang terlihat awal tahun ini.

AUD/USD juga bereaksi terhadap kesepakatan trilateral terbaru antara Australia, AS, dan Inggris. Kesepakatan itu akan memungkinkan Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklirnya dalam upaya untuk melawan China. Kapal-kapal ini akan lebih cepat dan lebih tersembunyi daripada kapal selam konvensional. Kesepakatan itu bisa membuat marah China, yang membeli sejumlah besar barang Australia.

Analisa Teknikal AUD/USD