Dolar Australia

AUD/USD: 3 Data Ekonomi Yang Akan Mempengaruhi Pergerakan

Forexsignal88.Com – AUD/USD adalah salah satu mata uang yang menikmati lemahnya dolar AS pada pekan lalu. Secara mingguan, AUD/USD telah naik sebesar 0.8%R dari level terendah mingguan pada angka 0.7020 dan naik ke level tertinggi pada angka 0.7158.

AUD/USD banyak dipengaruhi oleh data dari China. PDB China rebound di Q3, dengan kenaikan 4,9%. Ini naik dari 3,2% pada kuartal kedua. Konsensus berdiri di 5,4%. RBA mengisyaratkan akan menurunkan suku bunga pada pertemuan kebijakan minggu depan. Ini kemungkinan berarti penurunan dari 0,25% menjadi 0,10%. Penjualan ritel terus merosot, dengan pembacaan -1,5% di bulan Agustus. Ini menandai penurunan ketiga berturut-turut, karena konsumen memegang erat dompet mereka.

China juga negara yang paling bertahan tangguh terhadap COVID. Sebagian besar kemampuan China untuk menahan virus kemungkinan besar berasal dari banyaknya tes COVID yang dilakukan di seluruh negeri. Data terbaru menunjukkan pekerja industri perawatan kesehatan China telah melakukan 160 juta tes COVID, tes virus terbanyak dari negara mana pun di dunia. Penurunan setelah China cukup tajam, dengan Amerika Serikat telah melakukan 129 juta tes COVID, sekitar 30 juta lebih sedikit dari China. Selain itu, China juga merupakan salah satu negara pertama yang menerapkan protokol penguncian dan jarak sosial, menerapkan prosedur pelacakan kontak yang ketat, dan mengadopsi penutup wajah sebagai cara untuk menghentikan penyebaran virus. Bahkan ketika ekonomi telah dibuka kembali dan pabrik-pabrik kembali online, China tidak pernah mengalami “gelombang kedua” infeksi seperti yang dialami Eropa baru-baru ini atau bahkan Amerika Serikat.

Upaya naik pasangan AUD / USD tetap terbatas, karena sikap kebijakan moneter RBA, terutama setelah bank sentral mengakui awal pekan ini bahwa pengetatan moneter lebih lanjut sedang dibahas. Sentimen risiko juga meningkat di pasar, setelah harapan untuk paket stimulus AS memudar, dan peningkatan sentimen risiko mendukung Aussie yang lebih berisiko, menambah kenaikan pada pasangan AUD / USD.

3 Data Ekonomi Australia Minggu Ini