AS: Tekanan di Pasar Repo yang Meningkat Harus Ditenangkan Juga Oleh The FED

ForexSignal88.com l Jakarta, 30/10/2019 – Ketua Federal Reserve Jerome Powell diperkirakan akan mengatakan bahwa Fed akan melakukan apa pun untuk menjaga pendanaan pasar jangka pendek supaya tetap tenang. Namun ia juga diyakini belum memiliki solusi jangka panjang menghadapi tekanan baru-baru ini di pasar keuangan.

Kalangan yang pro pasar menilai kemungkinan The Fed harus memperluas neraca melalui program pelonggaran kuantitatif baru di samping langkah-langkah yang sudah diambil. Hal ini juga diharapkan dapat membuat operasi repo permanen dan bukan hanya sementara.  

Powell dijadwalkan berbicara kepada pers pada akhir pertemuan dua hari Dewan Gubernur The Fed pada Rabu (30/10) sore waktu AS mendatang. Dan tidak jelas, apakah The Fed akan menyatakan pasar pendanaan jangka pendek dalam pernyataan nanti atau apakah Powell akan menjadi sumber informasi baru mengenai pemikiran Fed.

Pasar pendanaan jangka pendek atau repo merupakan sudut pasar keuangan yang tidak jelas bagi kebanyakan orang. Di sinilah lembaga keuangan datang ketika mereka membutuhkan uang tunai untuk jangka pendek, menukar beberapa agunan, seperti Treasurys atau sekuritas hipotek, untuk pinjaman jangka pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *