AS: Tak Disangka! Tingkat Pengangguran AS Turun ke Level 3,5%, TERENDAH Sejak 5 Dekade

ForexSignal88.com l Jakarta, 07/10/2019 – Tingkat pengangguran Amerika Serikat mendekati level terendah dalam kurung 50 tahun terakhir sejak 1969. Mengutip Reuters, Departemen Tenaga Kerja AS merilis data tingkat pengangguran di level 3,5% pada September. Pertumbuhan pekerjaan ini meningkat secara moderat.

Meskipun masih ada ketegangan perdagangan yang memukul sektor manufaktur. Dalam laporan itu, pertumbuhan upah mengalami stagnasi. Selain itu, gaji manufaktur menurun untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir.

Sektor ritel dan utilitas juga terus melepaskan pekerjaan. Laporan tersebut mengikuti serangkaian laporan ekonomi yang lemah. Termasuk penurunan aktivitas manufaktur ke level terendah lebih dari 10 tahun pada bulan September.

Juga penurunan tajam dalam pertumbuhan industri jasa ke level yang terakhir terlihat pada tahun 2016. Sinyal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa ekonomi AS sedang menuju resesi. “Tingkat pengangguran biasanya naik menjelang resesi, jadi penurunan baru mendorong timeline untuk potensi resesi paling lambat akhir 2020,” kata Josh Wright, kepala ekonom di iCIMS di New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *