AS: Sesuai Prediksi Pasar Powell Tahan Kenaikan FED Rate, Sampai Kapan?

Proyeksi ekonomi baru yang dikeluarkan oleh Fed menunjukkan bahwa mayoritas atau 13 dari 17 anggota The Fed memperkirakan tidak ada perubahan suku bunga sampai setidaknya 2021. Empat lainnya melihat kenaikan suku bunga tunggal tahun depan, pandangan bertentangan dengan harapan investor bahwa The Fed akan memangkas suku bunga.

Secara khusus, tidak ada pembuat kebijakan yang menyarankan suku bunga yang lebih rendah pada tahun depan, ini menjadi sebuah sinyal bahwa The Fed telah merekayasa “soft landing” setelah tahun yang bergejolak di mana risiko resesi naik, kurva imbal hasil obligasi AS terbalik, dan kebijakan perdagangan mengganggu pasar.

Meski demikian, The Fed mencatat, risiko global memerlukan pemantauan di tengah-tengah perang perdagangan AS-China yang sedang berlangsung, dan inflasi tetap adem ayem. Mengingat bahwa inflasi lebih rendah dari yang diinginkan Fed meskipun tingkat pengangguran mendekati level terendah 50 tahun, segelintir pembuat kebijakan mengharapkan tingkat yang lebih tinggi mungkin menganggapnya sebagai hal yang sulit.

Secara keseluruhan, proyeksi bari menunjukkan, pembuat kebijakan melihat tingkat pengangguran, yang saat ini 3,5%, tetap di bawah estimasi tingkat berkelanjutan dalam jangka panjang untuk tiga tahun ke depan, bahkan ketika sebagian besar berharap inflasi pada saat itu akan berakhir pada, atau hanya sedikit di atas, target 2%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *