AS: Indeks US Dollar Melaju ke Utara Terkait Data Penjualan Eceran yang Meningkat

Forexsignal88.Com – Departemen Perdagangan AS pada Jumat pekan kemarin melaporkan bahwa penjualan ritel inti meningkat 0.7 persen (Month-over-Month) pada bulan Desember 2019, mengungguli ekspektasi ekonom yang hanya sebesar 0.5 persen. 
 
Data kontrol ritel yang berpengaruh lebih besar terhadap GDP Amerika Serikat, juga meningkat 0.5 persen versus estimasi yang hanya sebesar 0.4 persen. Selain itu, laporan berbeda yang memuat indeks Philly dan data klaim pengangguran menampilkan kinerja lebih prima. 
 
Amerika Serikat termasuk consumer-driven countries dengan lebih dari 75 persen GDP bersumber dari aktivitas belanja konsumen. Dengan demikian, data penjualan ritel yang kokoh akan mendukung outlook ekonomi yang lebih baik pula. 
 
Akan tetapi, sejumlah analis mengingatkan bahwa prospek ke depan belum tentu cerah sepenuhnya. “Konsumen, ujung tonggak perekonomian (AS), terbukti lebih tangguh daripada ekspektasi awal, tetapi kemungkinan akan terbukti tak mampu menopang perekonomian sendirian -untuk selamanya- tanpa bantuan dari area penting lain seperti investasi bisnis dan manufaktur,” ujar perusahaan keuangan Stifel. 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *