Dolar Euro

Apa Yang Terjadi Jika Euforia Kenaikan EUR/USD Ini Berakhir?

Forexsignal88.Com – EUR/USD sedang menikmati animo kenaikan setelah menembus angka resistance 1.2000 dan terus melakukan kenaikan 1.2168 mendekati 1.2170 yang menjadi resistance kami.

Saat ini Euro didukung oleh sederetan data ekonomi yang mendukung kenaikan semakin keatas lagi. Indeks Manajer Pembelian Layanan (PMI) akhir IHS Markit untuk Jerman mengisyaratkan kontraksi di sektor jasa, sebagian besar terkait dengan penguncian kedua yang diterapkan pemerintah untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Penjualan ritel zona euro naik 1,5% mom di bulan Oktober, jauh di atas ekspektasi 0,5% mom. Volume perdagangan ritel meningkat sebesar 2,0% mom untuk produk non-makanan dan untuk makanan, minuman dan tembakau, sementara bahan bakar otomotif turun 3,7% mom.

Sedangkan dari data PMI mengalami penurunan dari sebelumnya. Layanan PMI Zona Euro diselesaikan pada 41,7 pada bulan November, turun dari 46,9 pada bulan Oktober. Komposit PMI diselesaikan pada 45,3, turun dari bulan sebelumnya 50,0. Melihat beberapa negara anggota, Komposit PMI Jerman turun menjadi 51,7, Irlandia turun menjadi 47,7, Italia turun menjadi 42,7, Spanyol turun menjadi 41,7, Prancis turun menjadi 40,6.

Sampai Kapan Euforia Ini Berlangsung?

Kita sudah tahu bahwa EUR/USD sedang mengalami euforia dimana trader berbondong bondong masuk ke dalam perdagangan mendukung kenaikan. Namun kita jangan lupa bahwa ECB sendiri yang mengatakan bahwa harga nilai tukar Euro yang terlalu tinggi akan membuat pemulihan ekonomi semakin sulit.

Lalu mengenai Dolar AS yang sampai saat ini terus anjlok melemah. Ini merupakan faktor penting khususnya terkait degan bantuan stimulus yang tak kunjung jelas. Kabar terbaru adalah Partai Demokrat DPR memberikan restu mereka untuk kesepakatan bipartisan yang dibuat oleh Senator. Sementara paket senilai $ 908 miliar di bawah apa yang diinginkan pasar, uang tunai apa pun yang disepakati dalam sesi timpang akan menjadi berkah. Akankah Partai Republik dan Demokrat mencapai kesepakatan atau terus berbicara? Itu bisa sangat penting untuk euro / dolar.