Apa Makna Dibalik Keputusan Trump Mengakhiri Pembicaraan Stimulus?

Forexsignal88.Com – Menyusul keputusan Selasa oleh Trump untuk tiba-tiba mengakhiri pembicaraan stimulus sampai setelah pemilihan, saham dan aset sensitif risiko lainnya dijual dengan tajam. Namun, tidak ada tindak lanjut semalam karena pasar Asia rebound dan Eropa mulai positif, menyebabkan indeks berjangka AS naik sekitar 1%. Emas dan perak juga kembali menguat karena dolar sedikit melemah terhadap sebagian besar mata uang utama kecuali yen Jepang.

Aksi harga hari Selasa adalah pengingat seberapa banyak investor bergantung pada stimulus untuk menjaga pasar tetap bertahan, setelah berbagai suntikan stimulus pasca lockdown memicu salah satu reli paling tajam yang pernah ada. Tanpa stimulus, ekonomi dan pasar pasti akan berjuang keras sekarang. Itulah mengapa Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyerukan pengeluaran fiskal lebih banyak untuk menjaga aktivitas ekonomi didukung pada titik kritis fase pemulihan ini.

Tapi apa arti keputusan Trump untuk mengakhiri pembicaraan dengan para pemimpin Demokrat tentang paket stimulus baru?

Singkatnya, keputusan Trump telah memupuskan harapan akan suntikan stimulus segera. Kemungkinan pemilihan yang diperebutkan berarti menunggu lebih banyak pengeluaran fiskal bisa jadi lama, semakin besar kemungkinan kehilangan pekerjaan lebih banyak.

Namun, ada makna terpendam dibalik aksi ini, apa itu?

Sekarang tidak akan ada kesepakatan tentang stimulus sebelum pemilu dihentikan, Demokrat kemudian dapat memberikan stimulus awal sebesar $ 3,4 triliun pada bulan Januari jika Joe Biden memenangkan pemilu. Ini akan menjadi paket yang jauh lebih besar daripada yang bisa dimungkinkan dalam perjanjian dua partisan yang potensial sebelum pemilihan.

Jadi, meskipun Trump secara luas dipandang sebagai bisnis dan ramah pasar, ini mungkin menjelaskan mengapa pasar telah pulih hari ini dan bahwa investor tampaknya tidak terlalu khawatir tentang meningkatnya kemungkinan Biden memenangkan pemilihan.

Di samping catatan, penting juga untuk menunjukkan bahwa kemenangan yang jelas oleh Biden juga akan mengurangi risiko pemilihan yang diperebutkan, dan dengan demikian ketidakpastian yang muncul dengan pertarungan hukum.