Anda Mau Kaya! Coba Tiru Pola Berpikir dan Berbinis Orang Terkaya No 1 di China


 
3. Memikirkan bisnis dalam kerangka global .
 
Bagi Ma, masa depan adalah global. Dia meyakini bisnis kecil harus beroperasi di dunia global agar dapat bertahan dalam jangka panjang. “Jika Anda tidak mencoba berbisnis secara global melalui internet, Anda tidak akan memiliki kesempatan bisnis,” kata Ma.  
 
Dia berpendapat, berbisnis secara lokal hanya akan mendapatkan lebih banyak persaingan. Dia mendorong bisnis usaha kecil untuk memikirkan tentang bagaimana mereka dapat menjual produk ke seluruh dunia.  
 
4. Rekrut anak-anak muda, rekrut mereka yang pintar. 
 
“Saat kita muda, tidak ada yang pernah memberikan kita kesempatan. Sekarang, kita harus memberikan anak-anak muda kesempatan. Anak-anak muda melakukan pekerjaan lebih baik dari kita,” paparnya. 
 
Dia juga bilang, kepribadian seseorang tak terlalu penting dibanding membangun sebuah tim yang dapat bertahan dan memberikan mereka kesempatan untuk melakukannya. 
 
Oleh karenanya, Ma bilang, dia merekrut orang-orang yang lebih pintar darinya karena dia tahu itulah yang terbaik bagi perusahaan. 
 
5. Terus saja berjalan. 
 
Nasehat terakhir Ma untuk para pengusaha merefleksikan perjalanannya dengan Alibaba. “Terus saja berjalan. Ketekunan sangat penting. Hari ini sangat sulit. Besok sulit, namun esok lusa sangat indah,” jelasnya.   
Sumber: Wikipedia, Google
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *