Anda Mau Kaya! Coba Tiru Pola Berpikir dan Berbinis Orang Terkaya No 1 di China

Forexsignal88.Com – Pimpinan tertinggi Alibaba Jack Ma sangat terkenal dengan ketekunannya. Dia sangat tekun meyakinkan China bahwa internet adalah bisnis nyata. Dari sana lahirlah Alibaba yang kemudian menjelma menjadi e-commerce raksasa dengan valuasi mencapai US$ 23 miliar pada 2016.  

Berikut adalah lima kunci tips sukses jangka panjang dari pendiri Alibaba: 
1. Orang harus mempercayai .
Anda Mulai dari karyawan hingga investor, setiap orang yang berdiri di sisi Anda, harus mempercayai Anda. Ma bilang, kepercayaan merupakan kunci utama dari kesuksesan Alibaba. 
 
“Kepercayaan yang membuat kita bersatu. Sekitar 18 investor mempercayai saya. Karena mereka mempercayai saya, saya harus loyal kepada mereka dan loyal terhadap misi yang kami miliki,” jelasnya. 
 
Ma bilang, kepercayaan terhadap dirinya dan misi perusahaan merupakan hal yang paling berharga yang bisa dia berikan. 
 
2. Lupakan kompetisi. Fokus pada konsumen Anda .
 
Ma tidak terlalu mengkhawatirkan soal kompetisi Alibaba. Apapun yang Alibaba lakukan, lanjutnya, tergantung pada kebutuhan konsumen. Alasannya sederhana: untuk bertahan dalam jangka panjang, kepuasan konsumen harus berada di posisi teratas dari keputusan yang diambil.  
 
“Jika konsumen Anda bilang Jack, Anda harus membangun lebih banyak gudang, maka kami akan bangun gudang. Kita tidak melakukannya karena di sana ada uang, tapi karena kita membutuhkannya,” urainya.  Saat ditanyakan siapa yang menjadi pesaing Alibaba, Ma mengaku tidak tahu. 
 
“Sebagai pengusaha, jangan melihat tetangga Anda sebagai pesaing. Jangan fokus pikiran Anda kepada pesaing. Sebaiknya fokus pada konsumen. Membuat konsumen Anda bahagia merupakan hal yang paling penting,” katanya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *