Analisa USD: Inilah Ancaman Yang Dapat Memudarkan Sentimen Positif Dolar AS

Forexsignal88.Com – Data ekonomi baru untuk AS memang tidak terlalu banyak untuk minggu ini, dengan pasar keuangan ditutup pada hari Senin untuk Juneteenth. Perhatian terfokus pada kesaksian Powell di mana dia secara khusus mengakui risiko resesi, mengirim imbal hasil obligasi jangka panjang lebih rendah. Jadi sementara musim panas mungkin secara resmi dimulai minggu ini, ekonomi mungkin sedikit lebih maju, dengan latar belakang sudah menampilkan beberapa daun jatuh.

Dengan volume yang lebih ringan karena sisi negara bagian liburan, sentimen risiko yang lebih baik di ekuitas berjangka melihat dolar ditawarkan karena mata uang beta tinggi menarik arus. Tema ini berlanjut ke sesi pagi hari Selasa dengan dolar tergelincir lebih jauh. Penjualan rumah yang ada di AS turun 3,4% lebih rendah dari yang diharapkan (3,7%).

Ini masih penurunan bulanan ke-4 berturut-turut. Namun, data ini dicatat sebelum lonjakan suku bunga hipotek, menyiratkan prospek suram saat musim panas mendekat. Kombinasi beracun dari persediaan rendah dan biaya pinjaman yang lebih tinggi mengaburkan pasar perumahan AS. Kelemahan dalam yen menyeret DXY ke penutupan Selasa, namun, terhadap persilangan G10 utama lainnya, dolar melemah. Melanjutkan data perumahan, aplikasi hipotek turun lagi dari 6,6% menjadi 4,2% karena tingkat hipotek 30-tahun naik menjadi hanya 6%.

Penurunan permintaan perumahan sebagian besar merupakan respons terhadap keterjangkauan yang memburuk dari kenaikan tajam suku bunga. Suku bunga hipotek tiga puluh tahun sudah mendekati 6% – hampir dua kali lipat levelnya di awal tahun, dan level yang tidak terlihat sejak 2008.

The Fed fokus untuk menurunkan inflasi dari level tertinggi 40 tahun dengan kenaikan suku bunga yang agresif. Jadi kecil kemungkinan kita akan melihat jeda di sisi harga dalam waktu dekat. Akibatnya, kami memperkirakan penjualan rumah akan cenderung lebih rendah di kuartal mendatang, sementara harga juga kemungkinan akan mengembalikan beberapa kenaikan baru-baru ini mulai akhir tahun ini. Latar belakang inventaris yang ketat akan membantu membatasi beberapa kerugian. Prakiraan harga rumah terbaru kami untuk Negara Bagian Pantai Timur dapat ditemukan di sini.

Pasar dibombardir dengan hiruk-pikuk pembicara FOMC pada hari Rabu. Elang Harker yang dikenal, memberi kami gambaran tentang apa itu hard landing – tingkat pengangguran jauh di atas 4%. Perkiraan SEP terbaru dari The Fed memperkirakan 4,1% pada 2024. Kesaksian Powell memiliki beberapa konten menarik di dalamnya. Dia menegaskan kembali komitmen kuat The Fed untuk mengembalikan inflasi ke 2%. Namun, secara bersamaan dia mencatat bahwa ada kemungkinan kenaikan suku bunga mereka dapat menyebabkan resesi dan tujuan mereka untuk melakukan soft landing akan sangat menantang.

Laporan Fed baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa peluang resesi dalam 1-2 tahun ke depan telah meningkat. Terlebih lagi, pelacak PDB Fed Atlanta (bukan perkiraan resmi) menunjukkan pertumbuhan 0% untuk kuartal kedua tahun ini, yang menyiratkan bahwa AS mungkin sudah mendekati resesi.

Analisa Teknikal USD