1sn240220

Analisa Jitu Forex & Gold – 24 Februari 2020

Spekulan Tingkatkan Posisi Long Dollar

Para spekulan pasar moneter internasional meningkatkan posisi net long mereka pada dolar AS ke tingkat tertinggi dalam tujuh minggu pada pekan terakhir, menurut data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) yang dirilis pada hari Jumat.

Nilai posisi net long dolar AS adalah $14,78 miliar untuk pekan yang berakhir 18 Februari, naik dari $13,94 miliar dari minggu sebelumnya, menjadikannya posisi net long dolar AS terbesar tahun ini.

Di hari yang sama para investor bergegas ke safe-haven emas di tengah aksi jual pada perdagangan saham-saham AS karena meningkatnya kekhawatiran wabah coronavirus diyakini akan menggagalkan pertumbuhan global.

Harga emas melonjak sebanyak 2%, memperpanjang kenaikan ke level tertinggi tujuh tahun, karena Indeks S&P 500 membukukan kerugian mingguan pertama sejak Januari. Sebagai tanda bahwa virus mulai menyerang ekonomi terbesar di dunia, aktivitas bisnis di AS menyusut pada Februari untuk pertama kalinya sejak 2013 dengan pandemi yang mengganggu rantai pasokan.

Yield dan ekuitas AS yang lebih rendah dan lemah dapat mendorong harga emas lebih lanjut menuju $1.750 per troy ounce bahkan jika coronavirus berhasil ditangani pada kuartal pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *