1MaSn23320

Analisa Jitu Forex & Gold – 23 Maret 2020

Bagi banyak negara dengan pinjaman dalam bentuk dolar AS, depresiasi besar-besaran dalam mata uang domestik mereka, dan kekuatan dolar AS terkini, semakin mengancam pada saat sebagian besar pasar negara berkembang dan negara maju sedang menuju atau sudah berada di dalam resesi.

Sementara itu harga emas terpaksa kerugian mingguan back-to-back (konsekutif) pertama sejak September karena krisis akibat serangan virus corona COVID-19 memicu minat terhadap aset berisiko dan terus mendorong dolar AS.

Sebagian besar investor menjual safe-haven tradisional untuk mengumpulkan uang yang bakal digunakan untuk menavigasi volatilitas ekstrem yang mengguncang pasar global.

Meredanya reli dolar pada hari Jumat memberikan sedikit kelonggaran untuk emas, meskipun harga logam ini masih lebih rendah di tahun ini, tidak terpengaruh pemotongan darurat tingkat suku bunga dan program pembelian aset oleh bank sentral secara global, termasuk Federal Reserve.

Sementara rencana stimulus lebih lanjut mungkin sedang diracik, para pedagang khawatir berapa lama penurunan ekonomi dunia akan berlangsung karena pandemi terus menyebar ke seluruh dunia, dengan jumlah korban meninggal di Italia telah jauh melampaui jumlah korban di Cina, negeri di mana wabah itu berawal pada Desember 2019.

Hingga hari Jumat, Italia mencatatkan rekor 627 kematian akibat virus novel corona dalam 24 jam. Total kasus kematian di Italia telah mencapai 4.032 jiwa, total kasus infeksi virus ini di Italia kini menjadi 47.021 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *