1ka200220

Analisa Jitu Forex & Gold – 20 Februari 2020

Greenback sempat membisu saat risalah rapat Januari Federal Reserve dirilis, yang menunjukkan suku bunga kemungkinan akan ditahan untuk sementara waktu.

“Berkenaan dengan kebijakan moneter di luar pertemuan ini, para peserta [rapat] memandang sikap kebijakan saat ini sepertinya akan tetap sesuai untuk sementara waktu … untuk mendukung ekspansi berkelanjutan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi yang kembali simetris dengan objektif 2 persen [yang ditetapkan] Komite,” sebut risalah FOMC Meeting itu.

Terhadap yen Jepang, yang cenderung diuntungkan selama terjadi tekanan geopolitik atau finansial karena Jepang adalah negara kreditor terbesar di dunia, dolar AS berakhir menghijau 1,36% menjadi ¥111,34, tertinggi sejak Mei.

Kekhawatiran tentang ekonomi Jepang, yang menyusut pada laju tercepat dalam hampir enam tahun pada kuartal Desember, juga membebani yen.

Sementara itu euro rebound, kembali bertengger di atas $1,08 setelah jatuh ke level terendah tiga tahun setelah survei menunjukkan kepercayaan yang melemah di Jerman.

Sedangkan pound sterling tergelincir kembali di bawah $1,30, mengabaikan data yang menunjukkan lonjakan tak terduga inflasi Inggris ke titik tertinggi enam bulan pada Januari karena fokus kembali ke pembicaraan perdagangan Inggris dengan Uni Eropa dan rencana pemerintahan Johnson untuk meningkatkan belanjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *