Analisa GOLD: Emas Berpotensi Untuk Turun Lebih Dalam

Forexsignal88.Com – Sepanjang perdagangan pekan lalu, emas menjadi sasaran aksi jual karena selera risiko dan pemulihan dolar AS. Aksi jual mendorong emas ke level support $1783. Pada akhir perdagangan minggu ini, emas mencoba untuk pulih di atas resistensi psikologis $1800, tetapi tekanan membawanya kembali ke penutupan di sekitar $1788. Emas menghentikan kerugiannya karena investor dan pasar menantikan berita bahwa Amerika Serikat akan menekan China atas dukungan, yang mengurangi sentimen risiko.

Dengan demikian, pasar saham global menyerahkan keuntungan mereka karena investor mengurangi eksposur mereka menyusul berita bahwa pemerintahan Biden telah meluncurkan penyelidikan baru terhadap subsidi China dan kerusakannya pada ekonomi AS. Bloomberg melaporkan bahwa langkah itu adalah cara untuk menekan Beijing atas perdagangan, meningkatkan kekhawatiran di kalangan investor bahwa memburuknya hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu akan segera terjadi.

Sedangkan dari Amerika Serikat, Emas akan terpengaruh oleh perkembangan FOMC. Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan mengadakan pertemuan yang sangat dinanti pada 21-22 September. Kami menggambarkan pertemuan itu sebagai “sangat dinanti” karena masalah pengurangan pembelian aset The Fed sangat banyak di benak sebagian besar pelaku pasar.

Federal Reserve membeli sejumlah besar sekuritas Treasury AS dan sekuritas berbasis hipotek (MBS) ketika pandemi pada dasarnya menutup ekonomi pada musim semi 2020. Desember lalu, Komite mengatakan bahwa The Fed akan terus membeli sekuritas Treasury. dan MBS dengan tarif bulanan masing-masing sebesar $80 miliar dan $40 miliar, hingga “kemajuan lebih lanjut yang substansial telah dibuat menuju sasaran ketenagakerjaan dan stabilitas harga maksimum Komite.”

Pernyataan yang dirilis setelah pertemuan FOMC terbaru pada 28 Juli menunjukkan bahwa ekonomi telah “membuat kemajuan” menuju pencapaian tujuan ini. Tidak dikatakan bahwa ternyata kemajuan ini tidak cukup “substansial” untuk menjamin pengurangan pembelian aset. Akibatnya, tampaknya dimulainya tapering semakin dekat. Pertanyaannya adalah kapan?

Di sisi ekonomi, emas diperdagangkan terbebani oleh angka pekerjaan AS baru-baru ini yang datang dengan hasil yang relatif mengecewakan dengan laporan non-farm payrolls dan perubahan pekerjaan ADP untuk Agustus yang keluar dari ekspektasi. Di sisi lain, PMI untuk sektor manufaktur dan jasa mengalahkan perkiraan. Namun, ketenangan menang minggu lalu tanpa perkembangan signifikan selain dari data klaim pengangguran awal dan PPI tidak termasuk makanan dan energi, yang keduanya mengalahkan ekspektasi.

Inflasi AS juga turut serta mempengaruhi pergerakan Emas dimana data ekonomi inflasi yang masih berjalan jauh di atas target FOMC 2%, sebagian besar pejabat Fed, termasuk Ketua Powell, telah memberi isyarat bahwa mereka percaya setengah inflasi dari “kemajuan lebih lanjut yang substansial” telah terpenuhi. Ini menunjukkan bahwa data pasar tenaga kerja akan sangat penting untuk pengumuman lancip baik pada pertemuan FOMC 2-3 November atau 14-15 Desember.

Analisa Teknikal GOLD