Analisa GBP/USD: Suku Bunga Inggris Naik Setelah 3 1/2 Tahun

Forexsignal88.Com – Bank of England membuat kenaikan kejutan dalam tingkat bank 0,15% untuk menetapkan tingkat baru 0,25%. Ini adalah kenaikan suku bunga pertama oleh bank dalam tiga setengah tahun, dan datang setelah periode berkelanjutan dari tingkat yang sangat rendah secara historis dan program pembelian aset. Kenaikan suku bunga disepakati oleh 8 banding 1 suara Komite Kebijakan Moneter Bank dan karena itu hampir bulat bulat.

Keputusan Bank untuk menaikkan suku bunga bank tidak diharapkan meskipun kenaikan kemarin dalam tingkat CPI Inggris (inflasi) hingga sepuluh tahun sebesar 5,1%, melampaui tingkat tahunan 4,8% meningkatnya pasar secara luas. Perlu dicatat bahwa tingkat inflasi di Inggris tetap jauh lebih rendah daripada yang terlihat di AS dan di negara lain, dan kenaikan suku bunga 0,15% agak lebih kecil dari kenaikan minimum tradisional 0,25% yang biasanya merupakan kenaikan terkecil terlihat.

Sementara banyak ekonom memperkirakan bank sentral akan mengambil keputusan pada Februari, Gubernur BOE Andrew Bailey dan perusahaan menetapkan bahwa tingkat inflasi, yang diproyeksikan mencapai 6% pada April, tiga kali tingkat target BOE, merupakan ancaman yang lebih besar dari penyebaran cepat Omicron di seluruh negeri.

Bank tampaknya mengakui fakta bahwa inflasi tidak mencapai tingkat yang berlebihan secara historis dan juga menyadari ancaman jangka pendek dari penyebaran dramatis coronavirus yang terlihat pada hari sebelumnya ketika rekor kasus sehari-hari yang dikonfirmasi dilaporkan.

Bahkan jika pemerintah tidak memesan kuncian, kecuali varian omicron memiliki morbiditas yang lebih rendah secara dramatis, laju infeksi cenderung menyebabkan gangguan ekonomi. Juga benar bahwa Inggris melihat pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah daripada AS.

Secara terpisah, BOE membiarkan ukuran target program QE tidak berubah pada GBP 875 miliar dan memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk Q1 2022 di tengah kekhawatiran tentang Omicron.

Tentu saja, penyesuaian 15bp pada suku bunga tidak akan berdampak besar pada ekonomi itu sendiri, tetapi itu menandakan bahwa arus telah bergeser dan pembuat kebijakan BOE sekarang memprioritaskan memerangi inflasi sebagai risiko ekonomi terbesar.

Ke depan, pasar masih memperkirakan sekitar 60% peluang kenaikan suku bunga lagi dalam pertemuan BOE berikutnya di bulan Februari, dengan suku bunga diperkirakan akan naik di atas 1,00% pada akhir 2022.

Analisa Teknikal GBP/USD