Analisa GBP/USD: Suku Bunga Bertahan, Namun Inflasi Akan Naik

Forexsignal88.Com – Bank of England (BoE) mempertahankan kebijakan moneter stabil pada pengumuman hari ini, tetapi mengirimkan sinyal yang lemah tentang pengetatan kebijakan di masa depan dalam pernyataan yang menyertainya. Secara khusus, BoE mengatakan beberapa pengetatan sederhana kebijakan moneter selama periode perkiraan kemungkinan akan diperlukan jika ekonomi berkembang sesuai dengan proyeksinya. BoE juga menunjukkan ambang batas untuk membatalkan pembelian pelonggaran kuantitatif lebih rendah dari sebelumnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, bank sentral utama di seluruh dunia telah berbicara tentang mengurangi kecepatan dan jumlah “QE” (pelonggaran kuantitatif), mengirimkan sinyal keinginan untuk memulai “tapering”, yang berarti secara perlahan mematikan keran uang gratis yang secara artifisial. mendongkrak saham. Bank of England telah melakukan hal serupa tetapi memenuhi sinyal ini dengan mengatakan bahwa pengurangan hanya boleh dipertimbangkan ketika tingkat dasar telah dinaikkan menjadi setidaknya 1%. Tarif dasar saat ini jauh di bawah itu, yaitu 0,1%.

Ini bisa dibilang sedikit dovish karena sedikit berbeda dari pernyataan terbaru yang dibuat oleh bank sentral AS, Kanada, dan Australia selama beberapa minggu terakhir. Sinyal dovish lainnya adalah pernyataan bahwa bank siap menerapkan suku bunga negatif jika diperlukan – yang berarti bahwa Bank secara efektif mendukung penurunan suku bunga daripada kenaikan suku bunga.

Untuk Inggris sendiri, proyeksi ekonomi tersebut direvisi lebih tinggi dalam Laporan Inflasi Agustus bank sentral. BoE mempertahankan perkiraan pertumbuhan PDB untuk tahun 2021 tidak berubah, tetapi menaikkan perkiraannya untuk tahun 2022 dan 2023. Bank sentral juga memperkirakan inflasi IHK tahun-ke-tahun mencapai 4,0% pada Q4-2021 tetapi secara bertahap berkurang kembali ke 2,0% pada Q4 -2023.

Selain keputusan kebijakan moneter BoE, Laporan Inflasi yang menyertainya juga mencakup proyeksi ekonomi terbaru bank sentral. Proyeksi ekonomi tersebut relatif kokoh, menegaskan kembali pemulihan pertumbuhan PDB yang diharapkan dan meningkatkan perkiraan inflasi IHK bank sentral. Untuk pertumbuhan PDB, BoE mempertahankan perkiraan 2021 di 7,25%, sedangkan untuk 2022 melihat pertumbuhan PDB 6% (dibandingkan 5,75% sebelumnya) dan untuk 2023 mengharapkan pertumbuhan PDB 1,5% (dibandingkan 1,25% sebelumnya).

Bank of England menyatakan hari ini bahwa tingkat CPI (inflasi) Inggris diperkirakan akan naik secara tahunan dari level saat ini 2,5% menjadi 4% pada akhir tahun 2021 dan tetap setinggi itu hingga mulai turun pada kuartal kedua tahun ini. 2022. Tingkat antisipasi sebesar 4% ini tentu saja jauh lebih tinggi dari target formal 2% yang masih berlaku. Namun, Bank tetap yakin bahwa overshoot target inflasi akan bersifat sementara dan tidak memerlukan tindakan tambahan untuk menekannya.

Analisa Teknikal GBP/USD