Analisa GBP/USD: Pound Terseret Turun Oleh Tren Mingguan

Analisa Teknikal GBP/USD

Kalender ekonomi untuk GBP ringan karena musim panas hampir berakhir, tetapi Indeks Manajer Pembelian awal Markit untuk Agustus menonjol.

Sterling jatuh ketika IMP Jasa diturunkan pada bulan Juli, dan penurunan kepercayaan lainnya di industri terbesar Inggris akan mengkhawatirkan. Meskipun demikian, skor lebih dari 50 menunjukkan ekspansi dan pertanda baik untuk pertumbuhan di masa depan.

Namun, itu tidak berarti bahwa kesengsaraan pound tidak akan semakin dalam jika ada kejutan negatif di PMI, karena akan menjadi panas setelah angka penjualan ritel hari ini, yang menunjukkan penurunan tak terduga untuk Juli. Data pekerjaan awal minggu ini jauh lebih menggembirakan dan secara keseluruhan, prospek ekonomi Inggris tetap positif, dengan Bank of England secara luas diantisipasi untuk mengakhiri program QE pada akhir tahun.

Secara teknikal saat ini GBP/USD berada di level support mingguan yang masih terus bertahan selama hari terakhir perdagangan pekan lalu. Breakout dari level support mingguan 1.3620 akan membuat seller kembali memasuki pasar dan membawa turun GBP/USD ke level 1.3570 yang pernah dicapai pada bulan Juli lalu.

Jika penembusan level support mingguan terjadi potensi untuk kejatuhan pound untuk berlanjut menjadi semakin besar. Namun level support ini pun membuka potensi untuk GBP/USD melakukan rebound. Rebound akan membawa GBP/USD keatas dan akan menuju level resistance psikologis 1.3700 dan lebi hatas lagi 1.3787.

Sumber: UK News, Reuters, Cnbc, MT5